Motivasi dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Di SMPN.2 Tangse

Era Novita, 211323877 (2020) Motivasi dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Di SMPN.2 Tangse. ["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined] thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Motivasi dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar       Pendidikan Agama Islam Di SMPN.2 Tangse]
Preview
Text (Motivasi dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Di SMPN.2 Tangse)
Era Novita, 211323877, FTK, PAI, 082361960935 .pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang motivasi hasil belajar Pendidikan Agama Islam dengan latar belakang, dalam pendekatan proses belajar maka siswa diduga sangat erat hubungannya dengan prestasi, jika motivasi siswa timbul dari dalam dirinya, maka hal itu akan menjadi dorongan yang kuat bagi diri siswa dalam belajar karena motivasi itu merupakan serangkaian usaha untuk menyediakan kondisi tertentu sehingga siswa tersebut mau dan ingin melakukan sesuatu. Namun jika dia tidak suka, maka siswa tersebut akan berusaha meniadakan atau mengeluarkan perasaan tidak suka. Rumusan masalah dalam skripsi ini, Bagaimana tingkat motivasi belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan agama islam di SMPN 2 Tangse? Bagaimana pengaruh motivasi terhadap hasil belajar pendidikan agama islam di SMPN 2 Tangse? Faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa di SMPN 2 Tangse pada mata pelajaran pendidikan agama islam? Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat motivasi belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan agama islam di SMPN 2 Tangse, untuk mengetahui pengaruh motivasi terhadap hasil belajar pendidikan agama islam di SMPN 2 Tangse dan untuk mengetahui faktor apa saja yang dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa SMPN 2 Tangse pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang berisi daftar pertanyaan yang disebarkan untuk diisi oleh responden, selain angket juga digunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis regresi linier sederhana, analisis koefisien determinasi dan uji hipotesis. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa tingkat motivasi siswa yang termasuk kategori tinggi sebanyak 60%, kategori sedang sebanyak 13,33% dan kategori rendah sebanyak 26,67%.

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined])
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Muslim Razali, S.H. M.Ag Pembimbing II : Abdul Haris Hamsar, S.Ag, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Motivasi dan Pengaruh Terhadap Hasil Belajar PAI
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak > 2X7.3208 Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Era Novita
Date Deposited: 29 Jan 2021 03:25
Last Modified: 29 Jan 2021 03:25
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15595

Actions (login required)

View Item
View Item