Pelaksanaan Syariat Islam dalam Penanggulangan Maisir di Kabupaten Pidie

Dian Maulita, 431106364 (2016) Pelaksanaan Syariat Islam dalam Penanggulangan Maisir di Kabupaten Pidie. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas tentang maisir)
Dian Maulita.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Judul penelitian skripsi ini adalah Pelaksanaan Syariat Islam dalam Penanggulangan Maisir di Kabupaten Pidie. Penelitian ini menarik untuk diteliti sesuai dengan Qanun Nomor 13 Tahun 2013 tentang Maisir. Pelanggar Maisir akan dikenakan sanksi sesuai Qanun Nomor 13 Tahun 2013. Sungguh menjadi hal yang baru dan sangat membanggakan pada saat itu, namun seiring berjalannya waktu hingga saat ini pelanggaran Maisir makin meningkat bahkan terjadi berulang-ulang di Kabupaten Pidie. Tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk mengetahui pelaksanaan Syariat Islam dalam penanggulangan Maisir saat ini, untuk mengetahui peran Syariat Islam dalam penanggulangan Maisir di Pidie dan untuk mengetahui peluang dan tantangan dalam penanggulangan Maisir di Kabupaten Pidie. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif, yang pada hakikatya adalah mengamati orang dalam hidupnya, berinteraksi dengan mereka dan berusaha untuk memahaminya. Sumber data diperoleh melalui kegiatan penelitian lapangan (field research) dan perpustakaan (library research). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran Syariat Islam dalam penanggulangan maisir sesuai dengan qanun nomor 13 tahun 2003 adalah, dengan adanya Syariat Islam, dinas Syariat Islam yang dibantu Satpol PP & WH memiliki acuan dan pedoman dalam menerapkan Syariat Islam, bahkan mendapat penuh dan diakui oleh pemerintah, dan pelanggaran yang terjadi tidak lagi di sembarang tempat namun lebih terorganisir. Namun sosialisasi yang dilakukan seiring berjalannya waktu belum sesuai dengan harapan, hal ini disebabkan oleh beberapan hambatan yaitu pelanggaran Maisir bisa terjadi di mana saja, susah untuk dibuktikan karena maisir berkaitan dengan permainan lainnya, kurangnya sosialisasi dari pihak Dinas Syariat Islam tentang qanun Syariat Islam khususnya Maisir, karena sosialisasi yang dilakukan bersamaan dengan qanun lainnya. Maka dari permasalahan tersebut pelaksanaan Syariat Islam dalam penanggulangan maisir di Kabupaten Pidie belum maksimal secara kaffah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Drs. Fakhri, S.Sos., MA; NIP.196411291998031001. 2. Dr. Jailani, M.S.i; NIP.196010081995031001.
Uncontrolled Keywords: Hukum Pidana Islam, Syariat, Maisir, Islam
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.5 Hukum Pidana Islam (Jinayat) > 2X4.59 Aspek Hukum Pidana Islam Lainnya
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Manajemen Dakwah
Depositing User: Marlini Abdurrahman
Date Deposited: 26 Jul 2017 08:39
Last Modified: 02 Aug 2017 08:56
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/156

Actions (login required)

View Item View Item
TOP