Kerjasama Sekolah Dan Komite Dalam Peningkatan Kedisiplinan Siswa di MTsS Badrul Ulum Aceh Tenggara

Tawarni, 150206086 (2020) Kerjasama Sekolah Dan Komite Dalam Peningkatan Kedisiplinan Siswa di MTsS Badrul Ulum Aceh Tenggara. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Membahas tentang Kerjasama Sekolah Dan Komite Dalam Peningkatan Kedisiplinan Siswa di MTsS Badrul Ulum Aceh Tenggara]
Preview
Text (Membahas tentang Kerjasama Sekolah Dan Komite Dalam Peningkatan Kedisiplinan Siswa di MTsS Badrul Ulum Aceh Tenggara)
Tawarni, 150206086, FTK, PMI, 082366987882.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (19MB) | Preview

Abstract

Kerjasama merupakan suatu usaha bersama antara perorangan atau kelompok untuk mencapai tujuan bersama. Melalui kerjasama antara sebuah kelompok maka dapat dipastikan suatu tujuan yang diinginkan akan dapat tercapai dengan hasil maksimal. Oleh karena itu, dalam sebuah lembaga pendidikan, kerjasama antara sekolah dan komite sangat perlu dilakukan terkait dengan kepedulian pada kedisiplinan siswa. Namun demikian, meski pihak sekolah telah menerapkan dan menjalin kerjasama dengan komite, akan tetapi masih adanya siswa yang melanggar peraturan sekolah. Misalnya masih adanya siswa yang berpakaian yang tidak rapi dengan baju yang dikeluarkan, masih adanya siswa tidak mengenakan sepatu dan pelanggaran yang dilakukan oleh siswa seperti datang kesekolah tidak tepat waktu. Tujuan penelitian skripsi ini adalah untuk mengetahui bentuk kerjasama sekolah dan komite dalam peningkatan kedisiplinan siswa. Untuk mengetahui kendala yang dihadapi oleh sekolah dan komite dalam peningkatan kedisiplinan siswa dan untuk mengetahui solusi dalam mengetasi kendala dalam pelaksanaan kerjasama sekolah dan komite dalam peningkatan kedisiplinan siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif,subjek penelitian adalah kepala sekolah dan komite. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini terdapat tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk-bentuk kerjasama sekolah dan komite dalam peningkatan kedisiplinan siswa yaitu membuat kesepakatan dengan orang tua siswa pada saat pertama kali siswa masuk ke sekolah, mengingatkan dan memberi nasehat kepada siswa, membuat surat perjanjian, mengadakan rapat, saling berbagi informasi tetang perkembangan siwa dan kunjungan ke rumah siswa. Kendala-kendala yang ditemukan yaitu adanya orang tua siswa yang hanya menitipkan anaknya kesekolah, adanya orang tua siswa yang tidak hadir kesekolah disaat sekolah mengadakan rapat, adanya orang tua yang jarang memberi informasi tentang perkembangan anaknya di rumah, dan adanya orang tua siswa yang tidak perduli tentang perkembangan dikarenakan mereka sibuk bekerja. Solusi dalam mengatasi kendala yaitu: memberi nasehat kepada anak, bermusyawarah, membimbing anak baik dirumah atau sekolah dan orang tua meluangkan waktu pada saat sekolah mengadakan rapat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Tawarni Tawarni
Date Deposited: 29 Jan 2021 04:21
Last Modified: 29 Jan 2021 04:21
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15605

Actions (login required)

View Item
View Item