Perancangan Gelanggang Renang di Aceh Pendekatan Arsitektur Metafora

Cut Nabila Amartiwi Tiffani, 140701013 (2021) Perancangan Gelanggang Renang di Aceh Pendekatan Arsitektur Metafora. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[img]
Preview
Text
Cut Nabila Amartiwi Tiffani, 140701013, FST, ARS, 085277651346.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Pembangunan di Kota Banda Aceh dan Aceh Besar memberikan efek positif pada pendapatan daerah Aceh. Dengan adanya efek positif pada pendapatan daerah, maka memberikan efek pula pada bidang olahraga renang di Aceh. Aceh telah banyak menghasilkan atlit-atlit berprestasi, termasuk dari cabang olahraga renang. Akan tetapi sarana dan prasarana masih sangat kurang sehingga perancangan Gelanggang Renang ini adalah sebagai sebuah gelanggang renang yang sesuai dengan standar nasional dan menyesuaikan dengan syariah di Aceh serta dapat meningkatkan pariwisata di Aceh.

Gelanggang Renang adalah bangunan yang berhubungan erat dengan 2 hal yaitu Air dan Gerak. Tema Metaphor merupakan sebuah tema yang dapat mewakili bentuk dari 2 hal tersebut. Konsep dasar perancangan Gelanggang Renang ini adalah untuk mewujudkan sebuah wadah yang mampu menampung kegiatan olahraga renang, baik itu olahraga prestasi atau keperluan khusus, aerobik dan sebagainya. Serta dapat menampung sebagai pusat kegiatan rekreasi masyarakat setempat atau luar daerah.

Perencanaan perancangan nantinya akan menggambarkan bentuk dari unsur air yang terjadi akibat lompatan dari atlit renang yang berenang melaju didalam air sehingga timbul gaya seperti gelombang. Pemilihan lokasi disesuaikan oleh RTRW di Aceh dan dipilih karena dianggap strategis dalam mendukung keberadaan Gelanggang Renang ini, dengan perletakannya.

Kata Kunci : Gelanggang Renang, Atlit,Olahraga, Metafora, Air, Gelombang

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 700 Arts and Recreation > 720 Architecture (Arsitektur)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Arsitek
Depositing User: Cut Nabila Amartiwi Tiffani Nabila
Date Deposited: 08 Apr 2021 03:36
Last Modified: 08 Apr 2021 03:36
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15614

Actions (login required)

View Item View Item
TOP