Mekanisme Penyelesaian Klaim Nasabah Pegawai Negeri Sipil Yang Meninggal Dunia Pada PT. Bank Aceh KCP Jeulingke

Fara Hafiza Arini, 150601047 (2019) Mekanisme Penyelesaian Klaim Nasabah Pegawai Negeri Sipil Yang Meninggal Dunia Pada PT. Bank Aceh KCP Jeulingke. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Mekanisme Penyelesaian Klaim Nasabah Pegawai Negeri Sipil Yang meninggal Dunia Pada PT. Bank Aceh KCP Jeulingke.]
Preview
Text (Mekanisme Penyelesaian Klaim Nasabah Pegawai Negeri Sipil Yang meninggal Dunia Pada PT. Bank Aceh KCP Jeulingke.)
Fara Hafiza Arini, 150601047, FEBI, D3 PS, 082362988124 .pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pada saat melakukan Kerja Praktik, penulis ditempatkan di PT. Bank Aceh KCP Jeulingke yang beralamat di Jl. T. Nyak Arief No. 25-26, Kel. Jeulingke, Kec. Syiah kuala, Banda Aceh. Salah satu produk yang ditawarkan oleh PT. Bank Aceh KCP Jeulingke merupakan tabungan Firdaus yang menggunakan akad Mudarabah yang salah satunya digunakan oleh nasabah PNS pada daerah terkhususnya Aceh. Dikarenakan umur seseorang tidak dapat dipastikan, pada saat nasabah PNS meninggal pengajuan klaim hanya dapat dilakukan oleh ahli waris. Adapun tujuan penulisan dari Laporan Kerja Praktik (LKP) adalah untuk mengetahui mekanisme pelayanan Customer Service dalam penyelesaian klaim nasabah PNS tabungan Firdaus yang meninggal dunia pada PT. Bank Aceh KCP Jeulingke dimulai dari pemberitahuan ahli waris, perlengkapan syarat-syarat, pihak ahli waris menyertakan persyaratan kepada bank untuk diproses sampai dengan pencairan dana oleh pihak bank. Keseluruhan proses berlangsung selama 4 bulan rekening gaji, untuk mencairkan dana nasabah PNS tersebut. Penyelesaian pada PT. Pengajuan klaim untuk nasabah tabungan Firdaus prosesnya dapat dilakukan oleh ahli waris yang tercantum dalam polis atau pihak yang berkuasa apabila ahli waris tersebut masih di bawah umur. Pada peryaratan yang melibatkan Mahkamah Syariah dapat menyulitkan ahli waris dikarenakan dibutuhkannya dana yang tidak sedikit untuk mengajukan sidang sehingga, ahli waris harus menyediakan dana untuk mengajukan sidang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Azimah Dianah, SE.,M.Si.Ak Pembimbing II : Jalilah, S.HI.,M.Ag
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.27 Bank, Termasuk Baitul Mal Wat Tamwil
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > D3 Perbankan Syariah
Depositing User: Fara Hafiza Arini
Date Deposited: 02 Feb 2021 04:08
Last Modified: 02 Feb 2021 04:08
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15619

Actions (login required)

View Item
View Item