Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Niat Untuk Mengadopsi Sistem Perbankan Islam Di Negara Non Muslim (Studi Kasus Di Uganda)

Mukhtasarul Irvan, 150603037 (2020) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Niat Untuk Mengadopsi Sistem Perbankan Islam Di Negara Non Muslim (Studi Kasus Di Uganda). Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Niat Untuk Mengadopsi Sistem Perbankan Islam Di Negara Non Muslim (Studi Kasus Di Uganda))
Mukhtasarul Irvan, 150603037, FEBI, PS, 082168613222.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini ingin meneliti peran sikap, norma subjektif dan religiusitas terhadap niat untuk mengadopsi perbankan Islam pada negara yang ekonominya sedang berkembang seperti Uganda yang merupakan negara sekuler yang sedang dalam tahap awal mengadopsi perbankan Islam.
Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian cross-sectional atau persilangan dan rancangan penelitian korelasi. Kuesioner dibagikan kepada 258 manager yang memiliki bisnis mikro. Hipotesis diuji menggunakan metode analisis regresi hirarki.
Penelitian ini menggunakan rancangan cross-sectional yang tidak memantau perubahan perilaku sepanjang waktu. selain itu, penelitian ini menggunakan bukti-bukti dari bisnis-bisnis mikro yang dikelola oleh pemiliknya sendiri di Uganda. Hasil penelitian ini mungkin diterapkan hanya di bisnis-bisnis mikro di Uganda.
Perbankan Islam merupakan fenomena yang sedang tumbuh di benua Afrika, khususnya di wilayah Sub-Sahara Afrika dimana sebagian besar negara di sana adalah sekuler. Belum ada penelitian empiris yang menelusuri peran-peran dari sikap, norma subjektif dan religiusitas terhadap niat untuk mengadopsi perbankan islam bagi ekonomi yang sedang berkembang setelah adanya kerangka hukum. Sepengetahuan penulis, ini merupakan penelitian pertama yang membawa tema tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Norma subjektif, Sikap, Perbankan Islam, Religiusitas, Uganda
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.28 Perbandingan Hukum Islam dengan Hukum Lainnya dibidang Muammalat, Termasuk Hukum Adat
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.29 Aspek Muamalat Lainnya
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Perbankan Syariah
Depositing User: Mukhtasarul Irvan Irvan
Date Deposited: 16 Feb 2021 03:35
Last Modified: 16 Feb 2021 03:35
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15626

Actions (login required)

View Item View Item
TOP