Pengaruh Pendidikan, Perceraian, Dan Kemandirian Ekonomi Perempuan Terhadap Tingkat Kemiskinan Di Pulau Sumatera Ditinjau Dalam Perspektif Ekonomi Islam

Novia Sri Umami, 160602088 (2020) Pengaruh Pendidikan, Perceraian, Dan Kemandirian Ekonomi Perempuan Terhadap Tingkat Kemiskinan Di Pulau Sumatera Ditinjau Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Skripsi thesis, UIN Ar-arniry.

[thumbnail of Membahas tentang Pengaruh Pendidikan, Perceraian, Dan Kemandirian Ekonomi Perempuan Terhadap Tingkat Kemiskinan Di Pulau Sumatera Ditinjau Dalam Perspektif Ekonomi Islam]
Preview
Text (Membahas tentang Pengaruh Pendidikan, Perceraian, Dan Kemandirian Ekonomi Perempuan Terhadap Tingkat Kemiskinan Di Pulau Sumatera Ditinjau Dalam Perspektif Ekonomi Islam)
Novia, 160602088, FEBI, ES, 081271274668..pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang pengaruh pendidikan, perceraian, dan kemandirian ekonomi perempuan terhadap tingkat kemiskinan di pulau sumatera ditinjau dalam perspektif ekonomi islam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendidikan, perceraian, dan kemandirian ekonomi perempuan terhadap kemiskinan di Pulau Sumatera. Data yang digunakan adalah data kemiskinan, rata-rata lama sekolah, angka melek huruf, perceraian, dan kemandirian ekonomi perempuan dari 10 provinsi di pulau Sumatera. Data yang digunakan adalah data periode 2010-2018. Teknik analisis yang digunakan berupa regresi data panel, dengan menentukan model regresi terbaik dari ketiga model regresi data panel yaitu common effect model, fixed effect model, dan random effect model. Model yang cocok adalahfixed effect model dengan nilai R2 sebesar 97,74%. Uji parsial menunjukkan yang berpengaruh terhadap kemiskinan di pulau Sumatera adalah variabel angka melek huruf. Uji simultan menunjukkan seluruh variabel rata-rata lama sekolah, angka melek huruf, perceraian, dan kemandirian ekonomi perempuan berpengaruh signifikan terhadap tingkat kemiskinan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Novia Sri Umami Novi
Date Deposited: 01 Feb 2021 05:49
Last Modified: 01 Feb 2021 05:49
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15631

Actions (login required)

View Item
View Item