Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran SAVI Pada Siswa SMP

Yulizar, 261324677 (2020) Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran SAVI Pada Siswa SMP. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran SAVI Pada Siswa SMP]
Preview
Text (Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran SAVI Pada Siswa SMP)
Yulizar, 261324677, FTK, PMA, 085362256247.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB) | Preview

Abstract

Matematika adalah salah satu mata pelajaran yang diajarkan disetiap jenjang pendidikan, mulai dari jenjang sekolah dasar, menengah pertama, menengah atas hingga perguruan tinggi. Namun pada kenyataannya, masih banyak siswa yang menganggap bahwa matematika sebagai mata pelajaran yang sulit sehingga berdampak pada hasil belajar siswa yang masih rendah. Agar hasil belajar matematika siswa meningkat maka dalam proses pembelajaran diperlukan suatu model pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang digunakan adalah model pembelajaran Somatic, Auditory, Visual, Intelektual (SAVI) pada siswa kelas VIII-7 SMPN 7 Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran SAVI pada siswa kelas VIII-7 SMPN 7 Banda Aceh. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, sedangkan metode penelitian ini adalah metode eksperimen semu (quasy eksperiment) dengan teknik pengumpulan data One-Group Pretest-Posttest Design. Sampel penelitian ditetapkan sebanyak 1 kelas dengan jumlah 27 siswa, yang ditentukan dengan cara random sampling. Data kemampuan hasil belajar matematika dikumpulkan dengan tes hasil belajar berbentuk soal essay. Data dianalisis dengan perhitungan uji normalitas dan uji N-Gain. Uji hipotesis penelitian menggunakan uji-t. Berdasarkan data yang dianalisis secara statistic yaitu dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikan α = 0,05, dk = 26, diperoleh t_((0,95)(26))=1,71 dan thitung = 5,56. Hal ini berarti bahwa thitung > ttabel yaitu 5,56 > 1,71. Dengan demikian H0 diterima. Dari hasil tersebut dapat diperoleh kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran SAVI dapat meningkatkan hasil belajar siswa paling sedikit 3,69 point pada materi bangun ruang sisi datar di kelas VIII-7 SMPN 7 Banda Aceh .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. M. Duskri, M.Kes Pembimbing II : Budi Azhari, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Model Pembelajaran SAVI
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Yulizar Yulizar
Date Deposited: 02 Feb 2021 04:34
Last Modified: 02 Feb 2021 04:34
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15635

Actions (login required)

View Item
View Item