Pemahaman Tentang Riba dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Berhutang dengan Sistem Bunga (Studi Kasus di Kota Fajar, Aceh Selatan)

Ritena Yurita, 140602134 (2019) Pemahaman Tentang Riba dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Berhutang dengan Sistem Bunga (Studi Kasus di Kota Fajar, Aceh Selatan). Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Pemahaman Tentang Riba dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Berhutang dengan Sistem Bunga (Studi Kasus di Kota Fajar, Aceh Selatan))
Ritena Yurita, 140602134, FEBI, ES, 082370572802.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemahaman masyarakat tentang riba, keputusan masyarakat dalam berhutang dengan sistem bunga, dan apakah pemahaman masyarakat Kota Fajar mengenai riba berpengaruh atau tidak terhadap keputusan berhutang dengan sistem bunga. Penelitian ini adalah penelitian mixed methods. Jenis penelitian asosiatif kausal. Sampel yang di ambil sebanyak 50 responden dengan menggunakan teknik accidental sampling. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman masyarakat Kota Fajar tentang riba sudah cukup bagus. Mereka menganggap bahwa riba adalah salah satu dosa besar yang harus dihindari. Masyarakat Kota Fajar berpendapat bahwa riba adalah mengambil tambahan dalam hutang piutang seperti yang dilakukan oleh para rentenir. Mereka sudah mengetahui apa-apa saja yang termasuk kedalam riba meski belum mengetahui sepenuhnya tentang riba. Maka dari itu, mereka terpaksa meminjam uang dengan bunga karena tidak ada cara lain yang bisa dilakukan. Pemahaman tentang riba memiliki nilai thitung sebesar 0,721< ttabel (2,01063) dengan nilai probabilitas sebesar 0,474 berarti lebih besar dari 0,05 H0 diterima. Artinya pemahaman tentang riba tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan berhutang dengan sistem bunga. Nilai korelasi regresi dapat diartikan bahwa semakin baik pemahaman tentang riba maka semakin berkurang keinginan berhutang dengan sistem bunga. Namun, pada penelitian ini masyarakat sudah memahami dan mengetahui tentang riba namun masih tetap melakukan praktik utang-piutang yang disertai dengan bunga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Nur Baety Sofyan, Lc., MA Pembimbing II : Husamuddin, Lc., MA
Uncontrolled Keywords: Utang-Piutang, Keputusan Berhutang, Riba, Sistem Bunga
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.222 Riba
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Ritena Yurita Yurita
Date Deposited: 02 Feb 2021 03:35
Last Modified: 02 Feb 2021 03:35
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15638

Actions (login required)

View Item View Item
TOP