Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik pada Materi Pengukuran di SMA Inshafuddin Banda Aceh

Rifka Syafira, 251324495 (2017) Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik pada Materi Pengukuran di SMA Inshafuddin Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN A-r-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang model pembelajaran inkuiri terbimbing.] Text (Membahas tentang model pembelajaran inkuiri terbimbing.)
Skripsi PDF Gabungan.rar - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SMA Inshafuddin Banda Aceh, pendekatan yang dilakukan guru masih bersifat Teacher Center bukan Student Center dan guru masih mengalami kendala dalam melaksanakan kurikulum K13. Kendala dari kurikulum tersebut dapat diduga penyebab rendahnya keaktifan belajar peserta didik antara lain metode pembelajaran guru yang kurang variatif dan membosankan karena hanya melalui penerangan atau metode ceramah saja. Oleh karena itu perlu adanya model pembelajaran yang mendukung kegiatan pembelajaran. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui apakah model inkuiri terbimbing berpengaruh terhadap keterampilan proses sains peserta didik (2) untuk mengetahui aktifitas guru dan peserta didik dengan menerapkan model inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains. Jenis penelitian ini menggunakan metode Quasy Eksperiment dengan nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X di SMA Inshafuddin Banda Aceh yang menjadi sampelnya kelas eksperimen X-IPA2 yang berjumlah 25 orang dan kelas kontrol X-IPA1 yang berjumlah 25 orang. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan tes, dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Hasil uji statistik setelah digunakan model inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains didapat thitung 4,573 > ttabel 1,684. (2) Hasil pengamatan aktifitas guru selama proses pembelajaran pada pertemuan I dan pertemuan II sebesar 86,2%, dan aktifitas peserta didik dilihat berdasarkan aspek KPS pertemuan I dan pertemuan II sebesar 83,4%. Jadi, dengan menerapkan model inkuiri terbimbing dapat meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik pada materi pengukuran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Fitriyawany,M.Pd; 2. Eki Yuliyanti,M.Pd
Uncontrolled Keywords: KPS, Model Inkuiri, Pengukuran
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Rifka MS Syafira
Date Deposited: 09 Nov 2017 08:15
Last Modified: 09 Nov 2017 08:16
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1564

Actions (login required)

View Item
View Item