Penerapan Pendekatan Probing Promting Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran PKn Kelas V MlN I Simeulue.

Nurul Asma, 150209089 (2020) Penerapan Pendekatan Probing Promting Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran PKn Kelas V MlN I Simeulue. Skripsi thesis, UIN Ar-raniry.

[thumbnail of Membahas tentang Penerapan Pendekatan Probing Promting Untuk Meningkatkan  Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran PKn Kelas V MlN I Simeulue.]
Preview
Text (Membahas tentang Penerapan Pendekatan Probing Promting Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran PKn Kelas V MlN I Simeulue.)
Nurul Asma, 150209089, FTK, PGMI, 085260723927..pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (50MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar adalah peningkatan ilmu pengetahuan, kernahiran kecakapan serta adanya perubahan tingkah laku. Permasalahan yang terjadi di kelas V MIN I Simeulue yaitu saat pembelajaran siswa kebanyakan masih diam dan sibuk sendiri karna pembelajaran PKn kurang begitu disukai, jadi membuat anak kurang fokus terhadap pembelajaran. Selain itu dalam pembelajaran guru sudah baik dalam mengajar, namun strategi guru dalam mengajar masih belum tepat dan sesuai dengan hasil yang di inginkan schingga dcngan mcnggunakan pcndekatan Probing Promting dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu: Bagaimanakah aktivitas guru dalam pembelajaran PKn melalui penerapan pendekatan Probing Promting di kelas V MIN I Simeulue?, Bagaimanakah aktivitas siswa dalam pembelajaran PKn melalui penerapan pendekatan Probing Promting di kelas V MIN I Simeulue?, Bagaimana hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn melalui penerapan pendekatan Probing Protnting di kelas V MIN I Simeulue?. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Data dikumpulkan melalui lembar observasi dan tes. Hasil penelitian ditemukan bahwa aktivitas guru pada siklus I terdapat beberapa aspek kegiatan masih dalam kategori penilaian cukup. Akan tetapi pada siklus U sudah terlihat adanya peningkatan penilaian menjadi lebih baik. Dan pada siklus Ill sudah terlihat peningkatan penilaian menjadi sangant baik. Untuk Aktivitas siswa pada siklus I terdapat beberapa aspek kegiatan yang perlu ditingkatkan dan masih dalam kategori penilaian cukup. Akan tetapi pada siklus TI meningkat menjadi lebih baik. Dan siklus yang III meningkat menjadi sangat baik. Pendekatan Probing Promting dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pada siklus I tuntas 67 secara klasikal, akan tetapi pada siklus II meningkat menjadi tuntas 82 secara klsikal, dan pada siklus III meningkat mcnjadi tuntas 94 secara klasikal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nurul Asma Nurul
Date Deposited: 02 Feb 2021 04:26
Last Modified: 02 Feb 2021 04:26
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15644

Actions (login required)

View Item
View Item