Metode Pengasuhan Alternatif Berbasis Keluarga Terhadap Kelekatan Pengasuh Di Sos Children’s Village Aceh Besar

Sri Devi Yanti, 150402069 (2020) Metode Pengasuhan Alternatif Berbasis Keluarga Terhadap Kelekatan Pengasuh Di Sos Children’s Village Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-raniry.

[thumbnail of Membahas tentang Metode Pengasuhan Alternatif Berbasis Keluarga Terhadap Kelekatan Pengasuh Di Sos Children’s Village Aceh Besar]
Preview
Text (Membahas tentang Metode Pengasuhan Alternatif Berbasis Keluarga Terhadap Kelekatan Pengasuh Di Sos Children’s Village Aceh Besar)
Sri Devi Yanti, 150402069, FTK, BKI, 082363078712.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB) | Preview

Abstract

Pengasuhan alternatif merupakan pengasuhan berbasis keluarga pengganti atau berbasis lembaga kesejahteraan sosial anak, dilaksanakan oleh pihak-pihak di luar keluarga inti atau keluarga anak. Kelekatan tidak harus dengan ibu kandung, kelekatan bisa terbentuk dengan siapa saja yang menurut pandangan anak dapat memberikan kehangatan, kenyamanan, kelembutan yang memancarkan kasih sayang tanpa syarat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui metode pengasuhan alternatif berbasis keluarga, untuk mengetahui kelekatan pengasuh terhadap anak serta untuk mengetahui pengasuhan alternatif berbasis keluarga dalam membentuk kelekatan pengasuh di SOS Children’s Village Aceh Besar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analisis dengan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research). Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan satu orang pimpinan, tujuh ibu asuh dan tiga orang anak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Metode pengasuhan alternatif berbasis keluarga sama seperti keluarga pada umumnya, di dalam setiap rumah SOS anak di asuh oleh satu orang ibu, ibu membangun hubungan kekeluargaan bersama anak-anaknya, ibu memberikan tanggung jawab kepada anak untuk melakukan pekerjaan rumah, dan setiap ibu bertanggung jawab atas apa yang terjadi pada anak-anak mereka, serta mendidik mereka agar bisa mandiri tanpa harus berketergantungan kepada orang lain. (2) Kelekatan pengasuh terhadap anak sebagian besar mereka memiliki kelekatan, ibu memberikan kasih sayang bagi anak mereka dan ikut merasakan apa yang dirasakan oleh anak sehingga anak sudah menganggap mereka seperti ibu sendiri, ibu banyak meluangkan waktu sesuai dengan kebutuhan anak serta memberi kenyamanan dan kasih sayang kepada anak sehingga anak merasa disayangi. (3) Pengasuhan alternatif berbasis keluarga dalam membentuk kelekatan pengasuh dengan mencukupi kebutuhan anak, memberikan kasih sayang yang tulus kepada mereka, memberikan waktu untuk mendengar dan membantu menyelesaikan masalahnya, membuat mereka seperti berada di rumah sendiri serta berinteraksi layaknya dengan keluarga sendiri.

Kata Kunci: Pengasuhan, Keluarga, Kelekatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Sri Devi Yanti Sri
Date Deposited: 03 Feb 2021 03:16
Last Modified: 03 Feb 2021 03:16
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15648

Actions (login required)

View Item
View Item