Kesadaran Pelaksanaan Shalat Berjamaah Mahasiswa FTK UIN Ar-Raniry

Ade Putra Aulia, 140201123 (2019) Kesadaran Pelaksanaan Shalat Berjamaah Mahasiswa FTK UIN Ar-Raniry. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Kesadaran Pelaksanaan Shalat Berjamaah Mahasiswa FTK UIN Ar-Raniry)
Ade Putra Aulia, 140201123, FTK, PAI, 082272863298.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Shalat berjamaah memiliki keutamaan dalam Islam, seperti mendapatkan pahala dua puluh derajat. Dalam Islam shalat berjamaah sangat dianjurkan, seiring dengan berjalannya waktu menjadi sebuah rutinitas yang biasa saja, ini tentunya menjadi perhatian khusus bagi kita umat Islam. Seperti yang terjadi di FTK UIN Ar-Raniry, yang merupakan sebuah kampus ke Islaman yang terletak di Banda Aceh, dimana mahasiwa memiliki kesibukan sendiri sehingga shalat berjamaah ditinggalkan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah yang pertama bagaimana kebijakan dan implementasi shalat berjamaah mahasiswa FTK UIN Ar-Raniry? Bagaiamana kesadaran dan amalan shalat berjamaah FTK UIN Ar-Raniry? Bagaimana peluang dan tantangan pelaksanaan shalat berjamaah FTK UIN Ar-Raniry?. Dalam skripsi ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif data dikumpulkan melalui wawacara, observasi, dan dokumentasi, kemudian pengambilan sampel dengan random sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah 58 orang mahasiswa. Hasil penelitian dalam skripsi ini adalah menunjukkan kurangnya kebijakan dari pihak FTK UIN Ar-Raniry akan tetapi kedepannya akan dibuat peraturan tentang pelaksanaan shalat berjamaah, adanya kesadaran dalam pelaksanaan shalat berjamaah bagi mahasiswa FTK UIN Ar-Raniry akan tetapi ada yang melaksanakan shalat berjamaah, sendiri, bahkan sama sekali tidak shalat dan adanya tantangan yang dihadapi mahasiswa seperti sibuk dengan kegiatan atau pekerjaan masing-masing, kurangnya kemauan serta sikap malas dan fasilitas yang kurang memadai sehingga menjadi hambatan bagi mahasiswa dalam melaksanakan shalat berjamaah. Kesimpulan dalam skripsi ini adalah mahasiswa FTK UIN Ar-Raniry belum beperan aktif dalam pelaksanaan shalat berjamaah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Mujiburrahman, M.Ag Pembimbing II : Rahmadyansyah, M.A
Uncontrolled Keywords: Kesadaran, Shalat Berjamaah, Mahasiswa
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.1 Ibadah > 2X4.12 Shalat > 2X4.123 Shalat Jama'ah
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.38 Pendidikan tinggi (Universitas, Institut, Sekolah Tinggi, Akademi) > 2X7.388 Mahasiswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ade Putra Aulia
Date Deposited: 03 Feb 2021 03:51
Last Modified: 03 Feb 2021 03:51
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15655

Actions (login required)

View Item View Item
TOP