Hubungan Antara Kecerdasan Emosional (EQ) dengan Prestasi Belajar Fisika Siswa di SMA Negeri 5 Lhokseumawe

Fatlul Ulmi, 140204182 (2021) Hubungan Antara Kecerdasan Emosional (EQ) dengan Prestasi Belajar Fisika Siswa di SMA Negeri 5 Lhokseumawe. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Hubungan Antara Kecerdasan Emosional (EQ) dengan     Prestasi Belajar Fisika Siswa di SMA Negeri 5  Lhokseumawe]
Preview
Text (Hubungan Antara Kecerdasan Emosional (EQ) dengan Prestasi Belajar Fisika Siswa di SMA Negeri 5 Lhokseumawe)
Fatlul Ulmi, 140204182, FTK, PFS, 082360762847.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penulisan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kecerdasan emosional (EQ) dengan prestasi belajar fisika siswa di SMA Negeri 5 Lhokseumawe. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 5 lhokseumawe yang berjumlah 104 siswa dan sampel penelitian dipilih secara random sampling yang berjumlah 80 siswa dengan mengacu pade tabel morgan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan dokumentasi nilai rapor 2018/2019 semester ganjil-genap dan angket tertutup yang berisikan pertanyaan mengacu kepada skala kecerdasan emosional menurut teori goleman, skala kecerdasan emosional terdiri dari aspek mengenali emosi diri, mengelola emosi diri, memotivasi diri sendiri, mengenali emosi orang lain dan bekerja sama dengan orang lain. Pengolahan data dengan menggunakan analisis korelasi menggunakan teknik korelasi Product Moment. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rhitung = 0,77 berada pada interval 0,60 – 0,799 sehingga korelasi antara hubungan kecerdasan emosioanal dengan prestasi belajar fisika siswa adalah korelasi yang kuat. Kecerdasan emosional memberikan kontribusi sebesar 59,29% terhadap prestasi belajar fisika siswa dan 40,71% dipengaruhi oleh faktor lain. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat hubungan antara kecerdasan emosional (EQ) dengan prestasi belajar fisika siswa di SMA Negeri 5 Lhokseumawe.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1 : Samsul Bahri, M.Pd Pembimbing 2 : Sri Nengsih, S.Si., M.Sc
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Emosional (EQ), Prestrasi Belajar, Hubungan
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.7 Kesejahteraan Siswa
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.8 Siswa, Murid, Peserta didik, Anak didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Fatlul Ulmi
Date Deposited: 03 Feb 2021 03:41
Last Modified: 03 Feb 2021 03:41
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15660

Actions (login required)

View Item
View Item