Mekanisme Pengelolaan Anggaran Aspirasi Dewan Perwakilan Rakyat Di Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Pidie Jaya Periode 2014-2019

Muchlasul Amal, 160802113 (2020) Mekanisme Pengelolaan Anggaran Aspirasi Dewan Perwakilan Rakyat Di Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Pidie Jaya Periode 2014-2019. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Mekanisme Pengelolaan Anggaran Aspirasi Dewan Perwakilan Rakyat Di Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Pidie Jaya]
Preview
Text (Mekanisme Pengelolaan Anggaran Aspirasi Dewan Perwakilan Rakyat Di Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Pidie Jaya)
Muchlasul Amal, 160802113, FISIP, IAN, 082277301945.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Rusaknya infrastruktur terutama bangunan rumah warga akibat gempa bumi di Pidie Jaya pada tahun 2016 menjadi tanggung jawab berbagai kalangan, termasuk para anggota DPRK Pidie Jaya. Salah satu cara yang dilakukan ialah dengan memanfaatkan anggaran aspirasinya dalam membangun kembali rumah masyarakat melalui Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Pidie Jaya. Permasalahan yang terjadi adalah adanya ketidakjelasan regulasi mekanisme pengelolaan anggaran aspirasi yang menyebabkan terhambatnya bantuan pembangunan rumah kepada warga yang merupakan korban gempa bumi. Maka oleh karena itu tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui mekanisme dan hambatan yang terdapat pada pengelolaan anggaran aspirasi Dewan Perwakilan Rakyat di Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Pidie Jaya Priode 2014-2019. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan anggaran aspirasi DPR oleh Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Pidie Jaya memiliki mekanisme yang terdiri dari perencanaan penyusunan program yang sesuai dengan anggaran, memutuskan apa yang harus dilakukan dan kapan melakukan pembangunan fasilitas umum tersebut serta bagaimana melakukannya. Kemudian menyusun keanggotaan pelaksanaan mulai dari ketua, sekretaris, bendahara, anggota dan termasuk pihak pengawas kegiatan operasional. Selanjutnya untuk langkah implementasi dilakukan dengan memberikan peluang bagi pihak kontraktor pelaksanaan pembangunan yang akan melibatkan para pekerja/tukang serta masyarakat dan pihak keamanan. Adapun faktor yang menghambat berupa minimnya dana operasional dan minimnya pemahaman pengelola terhadap fungsi dan tugasnya saat pelaksanaan anggaran serta minimnya partisipasi dan dukungan sebagian anggota aparatur pemerintah mulai dari tingkat desa, kecamatan bahkan kabupaten.

Kata Kunci : Mekanisme Pengelolaan Anggaran, Anggaran Aspirasi Dewan, Dinas Pekerjaan Umum

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Muhammad Thalal, Lc., M.Si., M.Ed. 2. Mirza Fanzikri, S.Sos.I., M.Si,
Uncontrolled Keywords: Mekanisme Pengelolaan Anggaran, Anggaran Aspirasi Dewan, Dinas Pekerjaan Umum
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 320 Political and Government Science (Ilmu Politik dan Pemerintahan)
Depositing User: Muchlasul Amal acun
Date Deposited: 03 Feb 2021 04:33
Last Modified: 03 Feb 2021 04:33
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15666

Actions (login required)

View Item
View Item