Efektivitas Penanganan Maladministrasi Oleh Ombudsman Ri Perwakilan Aceh

Amrul Fadhil, 160802123 (2020) Efektivitas Penanganan Maladministrasi Oleh Ombudsman Ri Perwakilan Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Efektivitas Penanganan Maladministrasi Oleh Ombudsman Ri Perwakilan Aceh]
Preview
Text (Efektivitas Penanganan Maladministrasi Oleh Ombudsman Ri Perwakilan Aceh)
Amrul fadhil, 160802123, FISIP, IAN, 085260800326.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Palayanan publik sebagai pelayanan utama yang harus diberikan oleh Negara kepada masyarakat seperti mana diamanatkan dalam UU No. 25 Tahun 2009 tentang pelayanan publik. Ombudsman memiliki peran penting sebagai pegawas penyelenggara pelayanan publil sesuai dengan UU No. 37 Tahun 2008. Ombudsman memiliki tanggung jawab dalam mengawasi pelayanan publik terutama dalam penyelesaian laporan secara efektif. Ombudsman RI Perwakilan Aceh pada Tahun 2018 menangani laporan berjumlah 150 laporan, dengan begitu perlu kita pahami bagaimana efektivitas penaganan terhadap laporan selama ini oleh Ombudsman RI Perwakilan Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektivitas penanganan laporan maladministrasi oleh Ombudsman RI Perwakilan Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini menfokuskan pada indikator efektivitas menurut Ricard. M. Steers yaitu, produktivitas, kemampuan adaptasi, kepuasan kerja dan pencarian sumber daya yang dihimpun dengan cara melakukan wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian pada indikator produktivitas menunjukan bahwa cenderung tidak efektif dalam kemampuan penangananmaladministrasi. Pada indikator kemampuan adaptasi sudah efektif dapat dilihat pada kemampuan organisasi serta asisten untuk menunjang efektivitas. Pada indikator kepuasan kerja cenderung tidak efektif dilihat dari tidak adanya hasil survey kepuasan masyarakat guna melihat kinerja yang sudah dilakukan. Hasil pada indikator pencarian sumber daya menunjukkan belum efektif karena sumber daya belum tercukupi sesuai beban kerja. Hasil penelitian terdapat 2 (dua) faktor yang mempengaruhi yaitu faktor pendukung dan faktor penghambat. Pada faktor pendukung Ombudsman RI Perwakilan Aceh baik dalam menjalin komunikasi antar lembaga serta tim yang koordinatif. Sedangkan faktor penghambat yang dihadapi ialah terbatasnya sumber daya serta kurangnya pemahaman penyelenggara terhadap kewenangan yang dimiliki oleh Ombudsman RI Perwakilan Aceh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Dr. Phil. Saiful Akmal, MA. 2. Muazzinah, B.Sc., MPA.
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Penyelesaian, Maladministrasi, Ombudsman
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 320 Political and Government Science (Ilmu Politik dan Pemerintahan)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Amrul fadhil Amrul
Date Deposited: 03 Feb 2021 04:42
Last Modified: 03 Feb 2021 04:42
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15671

Actions (login required)

View Item
View Item