Strategi Kepala Madrasah dalam Peningkatan Kepuasan Pelanggan di MAN Gayo Lues

Melati, 160206004 (2020) Strategi Kepala Madrasah dalam Peningkatan Kepuasan Pelanggan di MAN Gayo Lues. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Strategi Kepala Madrasah dalam Peningkatan Kepuasan Pelanggan di   MAN Gayo Lues]
Preview
Text (Strategi Kepala Madrasah dalam Peningkatan Kepuasan Pelanggan di MAN Gayo Lues)
Melati, 16020600, FTK, MPI, 082274022462.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview

Abstract

Strategi kepala madrasah dalam peningkatan kepuasan pelanggan merupakan sangat penting dalam sebuah lembaga pendidikan, dengan adanya strategi yang direncanakan dan terlaksananya perencanaan maka pelanggan merasa puas dengan pelayanan yang diberikan dari pihak sekolah. Tujuan dari skripsi ini adalah untuk mengetahui perencanaan kepala sekolah dalam peningkatan kepuasan pelanggan, untuk mengetahui pelaksanaan dalam peningkatan kepuasan pelanggan, untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan kepala sekolah dalam peningkatan kepuasan pelanggan. Jenis penelitian yang digunaka adalah kualitatif dengan pendekatan deskriftif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah dan pelanggan.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama, perencanaan kepala sekolah dalam peningkatan kepuasan pelangganada lima yaitu (1) memastikan layanan yang ditawarkan sesuai dengan yang dijanjikan; (2) memjamin kualitas; (3) menjaga iklim madrasah yang kondusif; (4) memberikan perhatian penuh kepada karyawan dan pelanggan; (5) cepat tanggap terhadap keluhan. Kedua, pelaksanaan peningkatan kepuasan pelanggan yaitu (1) Pelaksanaan Perubahan; (2) Pelaksanaan Perusahaan; (3) Pelaksanaan Bisnis; (4) Pelaksanaan Fungsional. Faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan kepala sekolah dalam peningkatan kepuasan pelanggan meliputi: (1) siswa dan wali siswa; (2) faktor prima atau kinerja; (3) adanya kerjasama stekholder untuk menjalankan program; (4) adanya kerjasama dengan lembaga lain. Adapun faktor penghambat adalah sebagai berikut: (1) siswa dan wali siswa tidak hadir pada saat rapat (2) letak geografis sekolah; (3) alat trasportasi; (4) informasi yang diberikan sering terlambat. Solusi diatas adalah sebagai berikut: (1) harapannya kedepannya jika ada undangan untuk wali siswa, siswa memberikan undangan tersebut kepada wali mereka masing-masing; (2) harapannya kedepannya ada bus/trasportasi diberikan khusus untuk sekolah madrasah agar bisa belajar dengan efektif kedepannya; (3) harapan kedepannya pihak dinas umum jika memberika informasi baik itu perlombaan maupun yang lainnya diberitahu kesekolah jauh-jauh hari bukan satu hari atau dua hari perlombaan mau dilaksanakan; (4) harapan kedepannya semonga madrasah islamiyah lebih diperhatikan oleh pemerintah kabupaten dan dinas lembaga lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Mumtazul Fikri, M. A Pembimbing II : Ainul Mardhiah, M. A. Pd
Uncontrolled Keywords: Strategi, Kepala Madrasah, Kepuasan Pelanggan.
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Melati Melati
Date Deposited: 03 Feb 2021 05:10
Last Modified: 03 Feb 2021 05:10
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15673

Actions (login required)

View Item
View Item