Analisis Distribusi Zakat Produktif Terhadap Kesejahteraan Mustahik Di Baitul Mal Gampong Lamgugob Kecamatan Syiah Kuala Kota Banda Aceh

Raisa Mila Yunira, 160602064 (2020) Analisis Distribusi Zakat Produktif Terhadap Kesejahteraan Mustahik Di Baitul Mal Gampong Lamgugob Kecamatan Syiah Kuala Kota Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Analisis Distribusi Zakat Produktif Terhadap Kesejahteraan Mustahik  Di Baitul Mal Gampong Lamgugob Kecamatan Syiah Kuala Kota Banda Aceh]
Preview
Text (Analisis Distribusi Zakat Produktif Terhadap Kesejahteraan Mustahik Di Baitul Mal Gampong Lamgugob Kecamatan Syiah Kuala Kota Banda Aceh)
Raisa Mila Yunira, 160602064, FEBI, ES, 081263760311.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui distribusi zakat produktif berupa modal usaha di Baitul Mal Gampong Lamgugob Kecamatan Syiah Kuala Kota Banda Aceh serta dampaknya terhadap kesejahteraan mustahik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa mekanisme pendistribusian zakat produktif pada Baitul Mal Gampong Lamgugob memiliki dua cara: Pendistribusian zakat produktif yang berupa becak, alat-alat kerja pertukangan, dan alat-alat kerja perabotan. Sedangkan pendistribusian zakat produktif yang berupa uang tunai berupa modal usaha. Modal tersebut akan digunakan oleh mustahik untuk membantu mengembangkan usaha yang telah mereka jalankan. Adapun dampak zakat produktif yang berupa modal usaha di Baitul Mal Gampong Lamgugob adalah belum ada status mustahik yang mampu berubah menjadi muzakki. Status mustahik baru mampu berubah menjadi muktafi (orang yang mampu memenuhi kebutuhan hidupnya sendiri).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Distribusi Zakat, Modal Usaha, Kesejahteraan Mustahik
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Raisa Mila Yunira Raisa
Date Deposited: 04 Feb 2021 03:21
Last Modified: 04 Feb 2021 03:21
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15677

Actions (login required)

View Item
View Item