Manajemen Excellent Service Perpustakaan dalam Peningkatan Budaya Literasi di MTsN 4 Banda Aceh

Miftahul Jannah, 160206107 (2020) Manajemen Excellent Service Perpustakaan dalam Peningkatan Budaya Literasi di MTsN 4 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Manajemen Excellent Service Perpustakaan dalam Peningkatan  Budaya Literasi di MTsN 4 Banda Aceh]
Preview
Text (Manajemen Excellent Service Perpustakaan dalam Peningkatan Budaya Literasi di MTsN 4 Banda Aceh)
Miftahul Jannah, 160206107, FTK, MPI, 085260204750.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Excellent service (pelayanan prima) di perpustakaan adalah pelayanan yang dilakukan oleh pustakawan kepada pemustaka supaya pemustaka terkesan menyenangkan atas pelayanan yang diberikan dengan koleksi bahan pustaka yang lengkap, fasilitas yang memadai dan waktu kunjungan pemustaka yang tepat. Hal ini dapat dilihat dari kepuasan pemustaka disaat mengunjungi perpustakaan. Perpustakaan tidak hanya menyediakan layanan yang nyaman melainkan juga cepat, responsif dan motivatif untuk mendorong tumbuhnya budaya literasi dalam diri peserta didik. Pelayanan yang seperti inilah yang diharapkan oleh pemustaka.Artikel ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan excellent service dalam meningkatkan budaya literasi di perpustakaan MTsN 4 Banda Aceh danuntuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi pustakawan dalam meningkatkan budaya literasi di perpustakaan MTsN 4 Banda Aceh.Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif melalui observasi dan wawancara. Yang menjadi subjek penelitian dalam artikel ini adalah kepala madrasah, kepala perpustakaan, pustakawan dan siswa sebagai pemustaka. Hasil penelitian yang didapatkan yaitu pertama, pelaksanaan excellent service dalam meningkatkan budaya literasi di perpustakaan sudah berjalan dengan baik. Hal ini terlihat dari kemampuan pustakawan melakukan literasi membaca berjalan efektif. Sikap pustakawan dalam memberikan pelayanan diterima dengan baik oleh pemustaka. Kedua, kendala yang dihadapi pustakawan yaitubelum memadai koleksi bahan pustaka, sarana dan prasarana.Upaya dalam mengatasinya adalah bekerja sama dengan wali kelas dalam mensukseskan program literasi sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Excellent Service, Manajemen Perpustakaan, Budaya Literasi
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 020 Ilmu Perpustakaan dan Informasi > 025 Operasi Perpustakaan, Arsip, Pusat Informasi
000 Computer Science, Information and System > 020 Ilmu Perpustakaan dan Informasi > 027 Perpustakan, Arsip, Pusat Informasi Umum > 027.8 Perpustakaan Sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Jannah
Date Deposited: 04 Feb 2021 02:54
Last Modified: 04 Feb 2021 02:54
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15681

Actions (login required)

View Item
View Item