Penyelenggaraan Pembelajaran Mata Pelajaran Biologi Tingkat Sekolah Menengah Atas Di Wilayah Labuhan Haji Raya Kabupaten Aceh Selatan

Eka Sundari Emda, 281324815 (2019) Penyelenggaraan Pembelajaran Mata Pelajaran Biologi Tingkat Sekolah Menengah Atas Di Wilayah Labuhan Haji Raya Kabupaten Aceh Selatan. Skripsi thesis, UIN Ar-raniry.

[thumbnail of Membahas Tentang Penyelenggaraan Pembelajaran Mata Pelajaran Biologi Tingkat Sekolah Menengah Atas Di Wilayah Labuhan Haji Raya Kabupaten Aceh Selatan]
Preview
Text (Membahas Tentang Penyelenggaraan Pembelajaran Mata Pelajaran Biologi Tingkat Sekolah Menengah Atas Di Wilayah Labuhan Haji Raya Kabupaten Aceh Selatan)
Eka Sundari Emda, 281324815, FTK, PBL, 081263158929.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (15MB) | Preview

Abstract

Kendala yang dialami guru selama ini dalam pelaksanaan laboratorium Biologi yaitu kurangnya fasilitas sarana laboratorium Biologi, sehingga keterlaksanaan praktikum kurang maksimal. Penyebabnya sedikit pengetahuan siswa tentang pelajaran yang diterima, karena hanya sebatas mengetahui teori tanpa dilaksanakan kegiatan praktikum di laboratorium. Adapun tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui proses pelaksanaan pembelajaran Biologi di kelas dan di laboratorium tingkat sekolah menengah atas di Wilayah Labuhan Haji Raya Kabupaten Aceh Selatan. Metode penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini sebanyak 6 responden. Pengumpulan data di lapangan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi dan pedoman wawancara. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan tiga tahapan analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Sedangkan untuk mendapat nilai kuantitatif digunakan rumus persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pelaksanaan pembelajaran Biologi di kelas tingkat sekolah menengah atas di Wilayah Labuhan Haji Raya Kabupaten Aceh Selatan diperoleh hasil bahwa proses pembelajaraan secara keseluruhan mempunyai skor kecenderungan rata-rata sebanyak 81,55%, yang artinya sebagian besar proses pembelajaran mata pelajaran biologi di kelas tingkat sekolah menengah atas di Wilayah Labuhan Haji Raya Kabupaten Aceh Selatan berkriteria baik dan proses pelaksanaan pembelajaran Biologi di laboratorium tingkat Sekolah menengah atas di Wilayah Labuhan Haji Raya Kabupaten Aceh Selatan masih tergolong kurang, dengan nilai persentase 33,33%, yang membuat keberhasilan guru dalam pelaksanaan pembelajaran di laboratorium turun adalah tidak ada laboratorium IPA di sekolah dan kurangnya ketersediaan alat dan bahan praktikum di sekolah.

Kata Kunci: Penyelenggaraan, Pembelajaran, Mata Pelajaran Biologi, Labuhan Haji Raya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Eka Sundari Emda Eka
Date Deposited: 04 Feb 2021 04:18
Last Modified: 04 Feb 2021 04:18
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15691

Actions (login required)

View Item
View Item