Kemitraan Lembaga Pendidikan Sekolah Dengan Orang Tua Dalam Menumbuhkan Kesadaran Belajar Peserta Didik Di SMA Negeri 1 Simeulue Cut

Ihdayana Rahmah, 150206103 (2020) Kemitraan Lembaga Pendidikan Sekolah Dengan Orang Tua Dalam Menumbuhkan Kesadaran Belajar Peserta Didik Di SMA Negeri 1 Simeulue Cut. Skripsi thesis, UIN Ar-raniry.

[thumbnail of Membahas Tentang Kemitraan Lembaga Pendidikan Sekolah Dengan Orang Tua Dalam Menumbuhkan Kesadaran Belajar Peserta Didik Di SMA Negeri 1 Simeulue Cut]
Preview
Text (Membahas Tentang Kemitraan Lembaga Pendidikan Sekolah Dengan Orang Tua Dalam Menumbuhkan Kesadaran Belajar Peserta Didik Di SMA Negeri 1 Simeulue Cut)
Ihdayana Rahmah, 150206103, FTK, MPI, 082362228013.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (24MB) | Preview

Abstract

Kemitraan merupakan bentuk kerja sama antara lembaga pendidikan dengan pihak luar untuk mencapai tujuan tertentu. Peran dari sekolah dan orang tua sangat membantu dalam memberikan kesadaran kepada peserta didik untuk terus mau belajar dalam mencapai kualitas hidup. Adapun masalah pada kesadaran belajar peserta didik yaitu adanya peserta didik yang tidak sekolah ketika musim panen, cabut saat jam pelajaran, telat datang ke sekolah dan sering alpa. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis proses tindakan lembaga pendidikan sekolah dengan orang tua dalam menumbuhkan kesadaran belajar peserta didik, upaya lembaga pendidikan sekolah dan orang tua dalam menumbuhkan kesadaran belajar peserta didik dan mendeskripsi tanggapan peserta didik terhadap upaya sekolah dalam menumbuhkan kesadaran belajar di SMA Negeri 1 Simeulue Cut. Metode penelitian ini ialah metode kualitatif. Subjek penelitian kepala sekolah, guru, orang tua dan peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa, tindakan lembaga pendidikan sekolah dengan orang tua dalam menumbuhkan kesadaran belajar peserta didik yaitu memberikan nasehat, adanya hukuman, antara kepala sekolah dan guru melakukan musyawarah, dan antara sekolah dan orang tua mengadakan rapat. Sedangkan upaya lembaga pendidikan sekolah dengan orang tua dalam menumbuhkan kesadaran belajar peserta didik yaitu mengadakan rapat, memberikan motivasi, menciptakan suasana belajar yang kondusif, kreatif, dan program les. Selanjutnya tanggapan peserta didik terhadap upaya sekolah dalam menumbuhkan kesadaran belajar sangat direspon baik oleh peserta didik karena adanya program les dan kemitraan yang dijalankan sekolah dan orang tua. Kesadaran belajar yang kurang pada peserta didik dapat ditingkatkan dengan adanya kemitraan antara sekolah dengan orang tua dalam menumbuhkan kesadaran belajar. Karena peran sekolah dan orang tua sangat berpengaruh terhadap kesadaran belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ihdayana Rahmah Ihda
Date Deposited: 04 Feb 2021 04:28
Last Modified: 04 Feb 2021 04:28
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15693

Actions (login required)

View Item
View Item