Strategi dan Program Penyaluran Zakat kepada Asnaf Muallaf di Baitul Mal Aceh

Suci Rahmawati, 041300808 (2016) Strategi dan Program Penyaluran Zakat kepada Asnaf Muallaf di Baitul Mal Aceh. KKU thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas tentang penyaluran zakat di Baitul Mal Aceh)
Suci Rahmawati.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (256kB) | Preview

Abstract

Dalam menyelesaikan LKP ini, penulis melakukan Kerja Praktik di Baitul Mal Aceh. Selama penulis melakukan Kerja Praktik, penulis diposisikan dibagian Sosialisasi dan Pengembangan, di mana dibagian ini banyak melakukan kegiatan yang langsung berhubungan dengan mustahik. Salah satunya yaitu Asnaf Muallaf. Asnaf ini mempunyai Lima Program unggulan yaitu Beasiswa Penuh Anak Muallaf, Bantuan Berkelanjutan Anak Muallaf, Program Pendampingan Syariah Bagi Muallaf, Bantuan Muallaf Baru dan Bantuan Pemberdayaan Ekonomi Baru. Dalam menjalankan Program ini perlu adanya strategi yang bagus yaitu memberikan Pendidikan Tauhid dengan memberikan pembinaan aqidah dari segi mental, agama dan lingkungan, di dalam Strategi terdapat tiga tahapan yaitu perumusan Strategi, Implementasi Strategi dan Evaluasi Strategi. Dengan begitu kita percaya bahwa sumber dana yang ada di Baitul Mal Aceh sudah tersalurkan dengan baik dan sudah diterima oleh Muallaf yang membutuhkan. Dari Hasil Kerja Praktik ini dilakukan dapat diambil beberapa kesimpulan yaitu : Dengan adanya Baitul Mal Aceh, Strategi dan Program penyaluran Zakat Khususnya senif Muallaf dapat terlaksana dengan baik, baik dari segi penyaluran bantuan, dan adanya Pembinaan terhadap Muallaf, karena Muallaf itu merupakan orang-orang yang baru masuk Islam sehingga di khawatirkan ia akan merasa tidak betah dalam Agama Islam, oleh karena itu mereka diberikan Zakat sebab untuk meluluhkan hati dan demi memperkukuhkan dan mempertahankan Islam. Teori pembelajaran yang selama ini penulis jalankan dikampus dengan perpaduan hasil Kerja praktik dilapangan sudah sesuai dengan apa yang dipelajari selama ini. Dari segi ketetapan hukum terhadap Senif Muallaf, pembinaan dan pemberian Zakat terhadap mereka. Penyaluran zakat merupakan salah satu Program yang diadakan pada Baitul Mal Aceh dan juga merupakan tugas penting yang harus diemban oleh Baitul Mal Aceh sebagai lembaga pengelola zakat,wakaf dan harta agama lainnya yang bertujuan untuk mensejahterakan umat.

Item Type: Thesis (KKU)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Nilam Sari, M.Ag; NIP.197103172008012007 2. Dr. Muhammad Zulhilmi, MA; NIP. 197204282005011003
Uncontrolled Keywords: Program Penyaluran zakat, Asnaf Muallaf, Baitul Mal Aceh
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.1 Ibadah > 2X4.14 Zakat
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > D3 Perbankan Syariah
Depositing User: Users 171 not found.
Date Deposited: 26 Jul 2017 08:39
Last Modified: 26 Jul 2017 09:23
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/157

Actions (login required)

View Item View Item
TOP