Peran Komunikasi Persuasif Imem Dalam Mengurangi Angka Pasangan Kawin Lari Di Kecamatan Blangkejeren Kabupaten Gayo Lues

Annike Putri, 150401106 (2020) Peran Komunikasi Persuasif Imem Dalam Mengurangi Angka Pasangan Kawin Lari Di Kecamatan Blangkejeren Kabupaten Gayo Lues. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Peran Komunikasi Persuasif Imem Dalam Mengurangi Angka Pasangan Kawin Lari Di Kecamatan Blangkejeren Kabupaten Gayo Lues)
Annike Putri, 150401106, FDK, KPI, 085371156207.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul Peran Komunikasi Persuasif Imem Dalam Mengurangi Angka Pasangan Kawin Lari Di Kecamatan Blangkejeren Kabupaten Gayo Lues. Latar belakang penelitian ini yaitu banyaknya terjadi kawin lari di Kecamatan Blangkejeren Kabupaten Gayo Lues. Maka dari itu peran komunikasi persuasif imem sangat diperlukan dalam mengurangi angka pasangan kawin lari di Kecamatan Blangkejeren Kabupaten Gayo Lues. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah faktor apa saja yang melatarbelakangi kawin lari di Kecamatan Blangkejeren Kabupaten Gayo Lues dan bagaimana peran komunikasi persuasif imem dalam mengurangi angka pasangan kawin lari di Kecamatan Blangkejeren Kabupaten Gayo Lues. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Pemprosesan-Informasi Mc Guire (Information Processing Theory), dimana komunikator memberikan pesan persuasif sehingga terjadi perubahan baik sikap maupun pendapat pada diri komunikan dan komunikator mencapai tujuannnya untuk membuat komunikan berpendapat hal yang sama. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Objek dalam penelitian adalah beberapa kampung di Kecamatan Blangkejeren Kabupaten Gayo Lues yaitu kampung Raklunung, Bukit, Penampaan, dan Durin dengan jumlah informan sebanyak 4 (Empat) orang. Teknik pengumpulan data menggunakan obeservasi, wawancara secara mendalam dengan melakukan tanya jawab kepada informan/responden dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor yang melatarbelakangi kawin lari adalah karena faktor tidak ada restu orangtua dan faktor ekonomi. Peran komunikasi persuasif imem dalam mengurangi angka pasangan kawin lari adalah dengan membujuk, menasehati dan membimbing pasangan kawin lari untuk tidak melakukan kawin lari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah > 2X7.21 Fungsionaris Dakwah: Wali, Ulama, Mubaligh, Da'i
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah > 2X7.26 Komunikasi Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Annike Putri
Date Deposited: 05 Feb 2021 02:38
Last Modified: 05 Feb 2021 02:38
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15701

Actions (login required)

View Item View Item
TOP