Efektivitas Bimbingan kelompok Dengan Teknik Self-management Terhadap Kemampuan Pengambilan Keputusan Karir Peserta Didik SMAS Babul Maghfirah

Lena Miska, 160213034 (2021) Efektivitas Bimbingan kelompok Dengan Teknik Self-management Terhadap Kemampuan Pengambilan Keputusan Karir Peserta Didik SMAS Babul Maghfirah. Skripsi thesis, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Efektivitas Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Self-Management Terhadap Kemampuan Pengambilan Keputusan Karir Peserta Didik SMAS Babul Maghfirah]
Preview
Text (Efektivitas Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Self-Management Terhadap Kemampuan Pengambilan Keputusan Karir Peserta Didik SMAS Babul Maghfirah)
Lena Miska, 160213034 , FTK, BK, 082298780766 (1).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB) | Preview

Abstract

Pengambilan keputusan karir merupakan suatu proses seleksi terhadap beberapa pilihan dalam merencanakan masa depan. Antara lain seperti melanjutkan studi pendidikan yang lebih tinggi, melamar pekerjaan atau membuka usaha sendiri, pilihan-pilihan yang harus diperhatikan secara matang karena akan berpengaruh pada masa depan nantinya. Fenomena yang terjadi pada peserta didik SMAS Babul Maghfirah yaitu kurang nya informasi karir yang mereka dapatkan sehingga peserta didik tidak memiliki gambaran dalam pengambilan keputusan karir. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui efektifitas bimbingan kelompok dengan teknik self-management untuk meningkatkan kemampuan pengambilan keputusan karir peserta didik SMAS Babul Maghfirah. Jenis penelitian kuantitatif menggunakan metode eksperimental dengan One Group Pretest and Posttest Desain. Sampel penelitian 15 peserta didik, menggunakan random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan skala likert dengan penyebaran angket kepada peserta didik kelas XII SMAS Babul Maghfirah. Hasil penelitian menunjukkan bimbingan kelompok dengan teknik self-management memiliki signifikansi terhadap pengambilan keputusan karir peserta didik, ditandai pada perubahan skor rata-rata pretest yaitu 1.226 menjadi 1.429. Artinya terjadi peningkatan pada pengambilan keputusan karir peserta didik setelah memperoleh bimbingan kelompok dengan teknik self-management. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa bimbingan kelompok dengan teknik self-management efektif untuk meningkatkan kemampuan pengambilan keputusan karir peserta didik SMAS Babul Maghfirah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling
Depositing User: Lena Miska Lena
Date Deposited: 04 Feb 2021 05:35
Last Modified: 04 Feb 2021 05:35
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15709

Actions (login required)

View Item
View Item