Penerapan Layanan Konseling Individual Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Mahasiswa

Santika, 160213001 (2021) Penerapan Layanan Konseling Individual Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Mahasiswa. Skripsi thesis, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Penerapan Layanan Konseling Individual Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Mahasiswa]
Preview
Text (Penerapan Layanan Konseling Individual Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Mahasiswa)
Santika,160213001, FTK, BK, 082211776803 (2).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Perilaku Konsumtif merupakan perilaku membeli suatu barang yang sebenarnya kurang diperlukan, seperti karena ingin mencoba produk dan perilaku ini mengarah kepada kesenangan yang lebih mengutamakan faktor keinginan dari pada faktor kebutuhan. Perilaku konsumtif yang dialami oleh mahasiswa sulit tingkat perilaku konsumtif pada mahasiswa Banda Aceh sebelum diberikan layanan konseling individual melalui teknik self-management, seberapa besar tingkat perilaku konsumtif pada mahasiswa Banda Aceh sesudah diberikan layanan konseling individual melalui teknik self-management dan keefektifan layanan konseling individual melalui teknik self-management untuk mengurangi perilaku konsumtif pada mahasiswa Banda Aceh. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa dari Universitas Uin Ar-Raniry, Universitas Syiah Kuala, dan
Universitas STKIP BBG dengan perilaku konsumtif tinggi, sedang, dan rendah. Sampel penelitian berjumlah 10 mahasiswa Sampel dipilih melalui purposive sampling dengan pengkategorian mahasiswa yang memiliki tingkat perilaku konsumtif tinggi. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-experimental (pra-eksperimen) dengan desain One Group Pre-test-Post-test-Design. Pengumpulan data yang digunakan adalah skala likert. Teknik analisis dengan menggunakan uji normalitas dan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa layanan konseling individual melalui teknik self-management efektif untuk mengurangi perilaku konsumtif pada mahasiswa Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling
Depositing User: Santika 160213001
Date Deposited: 04 Feb 2021 05:36
Last Modified: 04 Feb 2021 05:36
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15711

Actions (login required)

View Item
View Item