Hubungan Antara Dukungan Sosial Keluarga Terhadap Optimisme Pada Mahasiswa Yang Sedang Menyelesaikan Skripsi Di Fakultas Psikologi Uin Ar-Raniry

Shilla Fatiana Miraj, 150901092 (2020) Hubungan Antara Dukungan Sosial Keluarga Terhadap Optimisme Pada Mahasiswa Yang Sedang Menyelesaikan Skripsi Di Fakultas Psikologi Uin Ar-Raniry. Skripsi thesis, UIN Ar-raniry.

[thumbnail of Membahas Tentang Hubungan Antara Dukungan Sosial Keluarga Terhadap Optimisme Pada Mahasiswa Yang Sedang Menyelesaikan Skripsi Di Fakultas Psikologi Uin Ar-Raniry]
Preview
Text (Membahas Tentang Hubungan Antara Dukungan Sosial Keluarga Terhadap Optimisme Pada Mahasiswa Yang Sedang Menyelesaikan Skripsi Di Fakultas Psikologi Uin Ar-Raniry)
Shilla Fatiana Miraj, 150901092, FIP, PSI, 082213763603..pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Terdapat mahasiswa yang tidak dapat menyelesaikan skripsi dalam kurun waktu 6 bulan sampai 1 tahun. Berbagai permasalahan yang dihadapi oleh mahasiswa dapat menimbulkan stres tersendiri ketika berinteraksi di lingkungan sekitar. Mahasiswa kesulitan dalam hal mencari tema, judul, sampel, alat ukur yang digunakan, kesulitan mendapatkan referensi, keterbatasan waktu penelitian, lamanya proses bimbingan membuat kondisi tersebut menjadi tantangan bagi mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial keluarga dan optimisme. Terdapat korelasi positif antara dukungan sosial keluarga dan optimisme. Semakin tinggi dukungan sosial keluarga, semakin tinggi pula optimisme mahasiswa. Semakin rendah dukungan sosial keluarga, semakin rendah pula optimisme mahasiswa. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa akhir yang sedang menyelesaikan skripsi di Fakultas Psikologi UIN Ar-Raniry dengan rentang usia 21-25 tahun dengan jumlah total 84 mahasiswa. Validitas yang digunakan adalah validitas isi, sedangkan uji reliabilitas menggunakan teknik koefisien reliabilitas Alpha dari Cronbach. Hasil uji normalitas dengan Kolmogorov Smirnof of Fit Test (K-SZ) menunjukkan bahwa variabel optimisme dengan koefisien KS-Z = 0,823 dengan p>,05sedangkan variabel dukungan sosial keluarga memiliki koefisien KS-Z 0,620 dengan p>0,05 menunjukan bahwa kedua variabel berdistribusi normal. Hasil uji linearitas antara kedua variabel memiliki distribusi normal. Hasil uji linieritas antara kedua variabel memiliki nilai F=1,275 dengan p<217 menunjukkan bahwa kedua variabel memiliki korelasi linear. Hasil tes hipotesis memiliki rxy=0,710dengan p<0,000 menunjukkan bahwa ada korelasi yang sangat signifikan antara dukungan sosial keluarga dan optimisme. Di temukan juga bahwasannya koefisien determinasi r^2= 0,504 menunjukkan bahwa sumbangan efektif dari dukungan sosial keluarga terhadap optimisme mencapai 50,4 %. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa hipotesis mengatakan adanya korelasi positif antara dukungan sosial keluarga dan optimisme mahasiswa yang dapat diterima.

Kata Kunci : Dukungan sosial keluarga, Optimisme

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Psikologi > S1 Psikologi
Depositing User: Shilla Fatiana Miraj Shilla
Date Deposited: 08 Feb 2021 03:09
Last Modified: 08 Feb 2021 03:09
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15719

Actions (login required)

View Item
View Item