Analisis Strategi Pemasaran Produk Pembiayaan Pensiun (PT Bank Aceh Syariah Kantor Cabang Pembantu Bakongan)

Meriza Alvella, 160603173 (2020) Analisis Strategi Pemasaran Produk Pembiayaan Pensiun (PT Bank Aceh Syariah Kantor Cabang Pembantu Bakongan). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Analisis Strategi Pemasaran Produk    Pembiayaan Pensiun (PT Bank    Aceh Syariah Kantor Cabang    Pembantu Bakongan)]
Preview
Text (Analisis Strategi Pemasaran Produk Pembiayaan Pensiun (PT Bank Aceh Syariah Kantor Cabang Pembantu Bakongan))
Meriza Alvella, 160603173, FEBI, PS, 082278151784.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

KCP Bakongan tidaklah mudah, karena masih banyak masyarakat yang tidak mengetahui produk pembiayaan pensiun dan masih menganggap Bank Aceh Syariah sama dengan Bank Konvensional. Oleh karena itu, diperlukan strategi pemasaran yang tepat untuk keberhasilan perusahaan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran dan apa saja kendala-kendala yang dihadapi Bank Aceh Syariah dalam memasarkan produk pembiayaan pensiun serta bagaimana cara mengatasi kendala-kendala tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan datanya melalui wawancara, dokumentasi dan observasi. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi pemasaran pada produk pembiayaan pensiun pada PT Bank Aceh Syariah KCP Bakongan menggunakan metode bauran pemasaran (marketing mix) yaitu: product, price, place, promotion, people, process dan physical evidence. Namun terdapat kendala-kendala seperti persaingan, loyalitas nasabah kepada bank konvensional, nasabah yang gajinya di bank lain, minimnya pengetahuan nasabah tentang produk pembiayaan pensiun dan sulitnya mencari data alamat nasabah. Saran penulis agar marketing harus memaksimalkan promosi, sosialisasi ke kantor, sekolah dan dinas serta penjualan langsung dilakukan secara relevan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Perbankan Syariah
Depositing User: Meriza Alvella 160603173
Date Deposited: 09 Feb 2021 03:42
Last Modified: 09 Feb 2021 03:42
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15733

Actions (login required)

View Item
View Item