Efektivitas Permainan Tradisional Congklak dalam Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini di TK Kasih Bunda Aceh Selatan

Emi Mastura, 140210029 (2019) Efektivitas Permainan Tradisional Congklak dalam Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini di TK Kasih Bunda Aceh Selatan. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Efektivitas Permainan Tradisional Congklak dalam Mengembangkan  Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini di TK Kasih Bunda Aceh Selatan]
Preview
Text (Efektivitas Permainan Tradisional Congklak dalam Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini di TK Kasih Bunda Aceh Selatan)
Emi Mastura, 140210029, FTK, PIAUD, 085260643471.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Namun permasalahan yang terjadi dilapangan ditemukan bahwa di TK B Kasih Bunda guru tidak menggunakan media yang menyenangkan, hal ini dapat berakibat pada perkembangan anak khususnya perkembangan kognitifnya. Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui adanya pengaruh Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini di TK Kasih Bunda Aceh Selatan melalui permainan tradisional congklak. (2) Untuk mengetahui aktifitas guru dalam mengembangkan kemampuan kognitif Anak Usia Dini di TK Kasih Bunda Aceh Selatan melalui Permainan tradisional congklak. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain pre eksperimental. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelompok B1 TK Kasih Bunda Aceh Selatan Tahun Ajaran 2018/2019 dengan jumlah peserta didik 27 orang sebagai kelas eksperiment. Teknik analisis data dilakukan dengan deskriptif kuantitatif dengan membandingkan rata-rata data pre-test dan post-test yang dikumpulkan melalui observasi. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji-t dari hasil skala aktivitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh perkembangan kognitif anak menggunakan permainan congklak. Hal ini terlihat dari perbandingan nilai rata-rata sebelum dan sesudah perlakuan. Pada thitung > ttabel atau 27,30 >2,056 maka Ho ditolak yang artinya pada tingkat kepercayaan 95% ada terdapat perbedaan yang signifikan antara skor perolehan tes awal dengan tes akhir. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa permainan congklak berpengaruh dalam mengembangkan kemampuan kognitif anak kelompok B1 TK Kasih Bunda Tahun Ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dra. Aisyah Idris, M.Ag Pembimbing II : Rafidah Hanum, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Permainan Congklak dan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak > 2X7.3208 Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Emi Mastura
Date Deposited: 08 Feb 2021 03:20
Last Modified: 08 Feb 2021 03:20
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15735

Actions (login required)

View Item
View Item