Strategi Pengembangan Daerah Tujuan Wisata Kawasan Ulee Lheue oleh Dinas Pariwisatakota Banda Aceh

Ridha Mafaza, 160802097 (2020) Strategi Pengembangan Daerah Tujuan Wisata Kawasan Ulee Lheue oleh Dinas Pariwisatakota Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Tentang Strategi Pengembangan Daerah Tujuan Wisata Kawasan Ulee Lheue]
Preview
Text (Tentang Strategi Pengembangan Daerah Tujuan Wisata Kawasan Ulee Lheue)
Ridha Mafaza, 160802097, FISIP, IAN, 082244250726.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (15MB) | Preview

Abstract

Banda Aceh merupakan daerah yang giat mengembangkan potensi pariwisatanya. Kegiatan pariwisata merupakan salah satu sektor yang berperan penting dalam proses pembangunan wilayah, sehingga memberikan kontribusi dalam meningkatkan pendapatan suatu daerah dan masyarakat. Pengembangan pariwisata tidak mungkin berhasil apabila tidak tersedia sumber daya manusia yang memiliki kompetensi dan profesional dalam bidang masing-masing. Dasar hukum kawasan Ulee Lheue ditetapkan sebagai objek wisata berdasarkan Peraturan Walikota Banda Aceh Nomor 59 Tahun 2016 tentang urusan pemerintahan di bidang pariwisata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang Strategi yang digunakan Dinas Pariwisata Kota Banda Aceh dalam mengembangkan Pariwisata di kawasan Ulee Lheue. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif (qualitative research) yaitu penelitian yang ditujukan untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena, peristiwa, aktivitas sosial, sikap, kepercayaan, persepsi, dan pemikiran orang secara individu maupun kelompok. Pada hasil penelitian ini didapatkan beberapa data di lapangan terkait faktor-faktor penghambat yang dihadapi Dinas Pariwisata Kota Banda Aceh dalam melakukan pengembangan pariwisata di Ulee Lheue salah satunya bentuk pengelolaan saling tumpang tindih antara pemerintah dengan pihak gampong Ulee Lheue, Sumber Daya Manusia yang mengelola masih kurang memadai, terbatasnya anggaran untuk melakukan pengembangan pariwisata di Ulee Lheue serta butuhnya strategi pengembangan dengan menggunakan analisis SWOT. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata Kota Banda Aceh masih belum tepat sasaran, sehingga banyaknya fasilitas pariwisata yang masih kurang memadai seperti toilet umum, masyarakat belum mampu menguasai bahasa asing/internasional, dan kurangnya pemahaman masyarakat sekitar lokasi objek wisata terhadap nilai positif dari adanya lokasi objek wisata.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pengembangan, Objek Wisata, Kawasan Ulee Lheue.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 320 Political and Government Science (Ilmu Politik dan Pemerintahan)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Ridha Mafaza
Date Deposited: 08 Feb 2021 02:41
Last Modified: 08 Feb 2021 02:41
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15737

Actions (login required)

View Item
View Item