Analisis Pemanfaatan Program Keluarga Harapan (PKH) Di Desa Lauke Kecamatan Simeulue Tengah Kabupaten Simeulue

Alpi Okfelina, 160802011 (2021) Analisis Pemanfaatan Program Keluarga Harapan (PKH) Di Desa Lauke Kecamatan Simeulue Tengah Kabupaten Simeulue. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Tentang Pemanfaatan Program Keluarga Harapan]
Preview
Text (Tentang Pemanfaatan Program Keluarga Harapan)
Alpi Okfelina, 160802011, FISIP, IAN, 081285334363.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kemiskinan merupakan salah satu faktor penghambat bagi masyarakat untuk mencapai kesejahteraan. Pemerintah telah berupaya melaksanakan berbagai macam program bantuan sosial untuk menanggulangi kemiskinan. Salah satu program tersebut adalah Program Keluarga Harapan (PKH). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan bantuan sosial PKH oleh Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Desa Lauke Kecamatan Simeulue Tengah Kabupaten Simeulue dan bagaimana pendampingan dalam pemanfaatan PKH di sana. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masyarakat penerima manfaat PKH sebagian besar telah memanfaatkan dana bantuan sosial untuk membeli pakaian sekolah, peralatan sekolah, pemenuhan makanan sehat dan bergizi untuk balita, dan ada juga yang memanfaatkan untuk kebutuhan sehari-hari, kemudian penerima manfaat PKH juga mengakses layanan pendidikan, layanan kesehatan dan layanan kesejahteraan sosial lainnya. Proses pendampingan dalam pemanfaatan PKH dilakukan dengan melaksanakan pertemuan peningkatan kemampuan keluarga (P2K2), melakukan verifikasi komitmen peserta PKH pada layanan pendidikan maupun layanan kesehatan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa dengan hadirnya PKH dapat meringankan beban keluarga miskin dan dapat meningkatkan akses keluarga miskin terhadap layanan pendidikan kesehatan dan kesejahteraan sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan Bantuan Sosial, Program Keluarga Harapan
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 320 Political and Government Science (Ilmu Politik dan Pemerintahan)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Alpi Okfelina Alpi
Date Deposited: 08 Feb 2021 03:56
Last Modified: 08 Feb 2021 03:56
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15755

Actions (login required)

View Item
View Item