Pola Pengajaran Tahfidz Al-Quran Di Sekolah Dasar Islam Terpadu Nurul Ishlah Banda Aceh

Sabarita, 140402057 (2020) Pola Pengajaran Tahfidz Al-Quran Di Sekolah Dasar Islam Terpadu Nurul Ishlah Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[img]
Preview
Text (Pola Pengajaran Tahfidz Al-Quran Di Sekolah Dasar Islam Terpadu Nurul Ishlah Banda Aceh)
Sabarita, 140402057, FDK, BKI, 085324434126.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Judul skripsi ini berjudul “Pola Pengajaran Tahfidz Al-Quran di Sekolah Dasar Islam Terpadu Nurul Ishlah Banda Aceh”. Penelitian ini dilakukan berdasarkan permasalahan yang timbul dikalangan dewasa yang sulitnya dalam membaca dan menghafal Al-Quran dan maraknya perkembangan sekolah yang berbasis kepada Tahfidz Al-Quran di Aceh. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pola Pengajaran Tahfidz Al-Quran, untuk mengetahui pencapaian Pola Pengajaran Tahfidz Al-Quran dan untuk mengetahui hambatan dalam Pola Pengajaran Tahfidz Al-Quran. Penelitian ini dilakukan di SDIT Nurul Ishlah Banda Aceh yang beralamat Jl. Perdamaian, Pango Deah, Ulee Kareng, Banda Aceh. Adapun Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analisis. Subjek penelitian ini sebanyak 6 responden. Dalam pengambilan sampel, penulis menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data di lapangan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pola Pengajaran Tahfidz Al- Quran menggunakan metode Talaqqi, Murajaah, dan Setoran. Adapun target pencapaiannya yaitu siswa SDIT Nurul Ishlah telah menghafal 5 juz dari Al- Quran sebelum mereka lulus dari SDIT Nurul Ishlah sesuai dengan target yang sudah ditentukan oleh pihak sekolah, dan bahkan ada yang melebihi target terutama siswa yang bersekolah di SDIT Nurul Ishlah dari kelas I sampai dengan kelas VI. Namun berbeda dengan siswa pindahan bagi siswa pindahan harus lebih giat lagi dalam menghafal demi untuk mencapai target hafalan yang tertinggal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengajaran Tahfidz Al-Quran.
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah > 2X7.24 Metode, Media dan Sarana Dakwah
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak > 2X7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Sabarita Sabar
Date Deposited: 09 Feb 2021 02:14
Last Modified: 09 Feb 2021 02:14
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15770

Actions (login required)

View Item View Item
TOP