Kompetensi Profesional Guru Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sma Negeri 2 Simeulue Barat

Al Disan, 150201179 (2021) Kompetensi Profesional Guru Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sma Negeri 2 Simeulue Barat. Skripsi thesis, UIN Ar-raniry.

[thumbnail of Membahas Tentang Kompetensi Profesional Guru Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam  Di Sma Negeri 2 Simeulue Barat]
Preview
Text (Membahas Tentang Kompetensi Profesional Guru Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sma Negeri 2 Simeulue Barat)
Al Disan, 150201179, FTK, PAI, 082367472387.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kompetensi merupakan kemampuan seorang guru dalam melaksanakan kewajiban secara bertanggung jawab dan layak, kompetensi menggambarkan kualifikasi atau kemampuan seseorang baik bersifat kualitatif maupun kuantitatif. Sedangkan profesional yaitu kemampuan yang harus dimiliki guru dalam perencanaan dan pelaksanaan proses pembelajaran, profesional merupakan kemampuan dalam menguasai materi pembelajaran secara luas dan mendalam yang memungkinkan membimbing peserta didik memenuhi standar kompetensi. Di SMA Negeri 2 Simeulue Barat pada awalnya pembelajaran berjalan kurang baik dimana guru hanya memberikan buku paket untuk dicatat oleh peserta didik, karena guru tidak menguasai materi pelajaran dengan mendalam dan kurangnya kemampuan guru dalam membuka pembelajaran dengan baik serta tujuan pembelajaran tidak dijelaskan. Dan kurangnya kemampuan guru dalam menggunakan media, metode, strategi dalam proses pembelajaran. Akibatnya, peserta didik sulit mengerti dan memahami materi pembelajaran. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, penulis ingin melihat sejauh mana kompetensi profesional guru dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam, serta upaya dalam meningkatkan kompetensi profesional guru Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 2 Simeulue Barat. Penelitian ini bersifat diskriptif, dengan menggunakan penelitian kualitatif. Dalam pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian yang penulis dapatkan, guru Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 2 Simeulue Barat sudah memiliki kompetensi yang dapat dilihat dari latar belakang guru tersebut merupakan lulusan sarjana dan mengajar pada mata pelajaran yang linier dengan keilmuannya dan sudah memiliki sertifikat Pendidik. Guru Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 2 Simeulue Barat sudah malaksanakan proses pembelajaran dengan baik, mulai dari awal pembukaan hingga akhir proses pembelajaran. Sedangkan upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kompetensi profesional guru Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 2 Simeulue Barat, diantaranya guru tersebut selalu mengikuti pelatihan dan bimbingan guru baik di sekolah maupun ketingkat kabupaten.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Al Disan Disan
Date Deposited: 08 Feb 2021 09:48
Last Modified: 08 Feb 2021 09:48
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15771

Actions (login required)

View Item
View Item