Pengelolaan Badan Usaha Milik Gampong (Bumg) Bukit Indah Gampong Blang Dhod Kecamatan Tangse Kabupaten Pidie

Nafisaton, 160802110 (2021) Pengelolaan Badan Usaha Milik Gampong (Bumg) Bukit Indah Gampong Blang Dhod Kecamatan Tangse Kabupaten Pidie. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of tentang Badan Usaha Milik Gampong]
Preview
Text (tentang Badan Usaha Milik Gampong)
Nafisaton, 160802116, FISIP, IAN, 082274641205.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Blang Dhod adalah sebuah Desa yang terletak di Kecamatan Tangse Kabupaten Pidie, Provinsi Aceh. Desa Blang Dhod memiliki salah satu usaha yang dikelola oleh BUMG yaitu di bidang Roasting Kopi. Usaha ini didirikan pada tahun 2017. Selama satu tahun berjalan, usaha ini telah berhasil menerbitkan produk unggulan Desa yaitu bubuk kopi berkualitas yang dikemas dalam kemasan berlabel dan sudah ada izin BPOM. Namun pada awal tahun 2019 adanya pergantian perangkat Desa karena selesai masa jabatan, usaha BUMG tidak berjalan lagi sebagaimana pada tahun sebelumnya. Seluruh komponen juga masyarakat yang terlibat dalam usaha BUMG belum mampu melaksanakan kerjasama dengan baik dalam pengembangan BUMG. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui bagaimana pengelolaan BUMG Bukit Indah di Gampong Blang Dhod. Serta untuk mengetahui apa saja kendala yang dihadapi oleh pengelola BUMG Bukit Indah Gampong Blang Dhod. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan BUMG Gampong Blang Dhod belum transparan terhadap masyarakat, salah satunya mengenai pelaporan keuangan yang mana masyarakat tidak bisa mengakses sendiri laporannya baik itu melalui web Gampong atau ditempel di mading Kantor Keuchik. Kemudian usaha Roasting Kopi yang dikelola oleh BUMG bukan tidak lagi berjalan, namun saat ini sedang masa pembaharuan pengurus, juga terhambat dengan tidak adanya tempat yang memadai untuk kegiatan Roasting. Penelitian ini menyimpulkan bahwa BUMG Bukit Indah Gampong Blang Dhod sebenarnya bukan tidak beroperasional, tetapi dalam proses pembaharuan pengurus agar bisa melanjutkan lagi usaha Roasting kopi dan untuk kelancaran unit usaha Simpan Pinjam Kelompok. Adapun kendala dalam pengelolaan BUMG belum terperbaharuinya pengurus dan belum adanya tempat yang cocok untuk melanjutkan usaha Roasting kopi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: BUMG, Pengelolaan, Desa Blang Dhod
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 320 Political and Government Science (Ilmu Politik dan Pemerintahan)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Nafisaton Nafisaton
Date Deposited: 09 Feb 2021 02:15
Last Modified: 09 Feb 2021 02:15
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15772

Actions (login required)

View Item
View Item