Muniteria, 160201089 (2021) Penerapan Jigsaw Dalam Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Di Kelas Xi Sma Negeri 2 Sampoiniet Kabupaten Aceh Jaya. Skripsi thesis, UIN Ar-raniry.
Muniteria, 160201089, FTK, PAI, 082361840333.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (7MB) | Preview
Abstract
Salah satu pelajaran yang diajarkan pada siswa tingkat Sekolah Menengah Atas adalah Pendidikan Agama Islam. Kelas XI di SMA Negeri 2 Sampoiniet, Kabupaten Aceh Jaya, menunjukkan bahwa siswa-siswi belum sepenuhnya dapat memahami materi Pendidikan Agama Islam yang diajarkan oleh guru. Dikarenakan metode pembelajaran yang monoton dan kurang menarik keaktifan siswa dalam belajar. Karena hal tersebut, Penelitian ini bermaksud menjawab permasalahan: Bagaimana aktivitas guru dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam melalui penerapan Jigsaw di kelas XI SMA Negeri 2 Sampoiniet, Kabupaten Aceh Jaya? Bagaimana aktivitas siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam melalui penerapan Jigsaw di kelas XI SMA Negeri 2 Sampoiniet, Kabupaten Aceh Jaya? Bagaimana peningkatan Hasil Belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam melalui penerapan Jigsaw di kelas XI SMA Negeri 2 Sampoiniet, Kabupaten Aceh Jaya? Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus dengan empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Adapun pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran pendidikan agama Islam pada materi saling menasehati dalam Islam dengan menggunakan metode Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas XI SMA Negeri 2
Sampoiniet tahun ajaran 2020/2021. Hal ini dapat dilihat pada siklus I, aktivitas guru mendapat nilai rata-rata 3,64 dengan kategori sangat baik (A), aktivitas siswa mendapat nilai rata-rata 3,05 dengan kategori baik (B) dan hasil belajar siswa memperoleh nilai ketuntasan 77,78% dengan nilai tidak tuntas 22,22%. Kemudian siklus II, aktivitas guru dan siswa memperoleh nilai rata-rata 4,00 dengan kategori sangat baik (A) dan hasil belajar siswa memperoleh nilai ketuntasan 100%. Siswa dapat lebih aktif dan terampil dalam proses pembelajaran. Guru lebih terampil dalam mengajar dan juga menggunakan metode yang lebih variatif dalam proses belajar mengajar. Meningkatkan kemampuan guru dalam mengajar dan siswa belajar dengan semangat sehingga menimbulkan hasil belajar yang baik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Computer Science, Information and System 000 Computer Science, Information and System > 001 Knowledge |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muniteria Muni |
Date Deposited: | 09 Feb 2021 04:16 |
Last Modified: | 09 Feb 2021 04:16 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15793 |