Eksistensi Pengajian Fiqh Di Dayah Darul Mukhlisin Aceh Jaya Kecamatan Teunom (Suatu Kajian Materi Dan Metode)

Nur Amalena, 160201061 (2021) Eksistensi Pengajian Fiqh Di Dayah Darul Mukhlisin Aceh Jaya Kecamatan Teunom (Suatu Kajian Materi Dan Metode). Skripsi thesis, UIN Ar-raniry.

[thumbnail of Eksistensi Pengajian Fiqh Di Dayah Darul Mukhlisin Aceh Jaya Kecamatan Teunom (Suatu Kajian Materi Dan Metode)]
Preview
Text (Eksistensi Pengajian Fiqh Di Dayah Darul Mukhlisin Aceh Jaya Kecamatan Teunom (Suatu Kajian Materi Dan Metode))
Nur Amalena, 160201061, FTK, PAI, 085370157358-1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Dayah merupakan lembaga pendidikan tertua di Aceh yang memberikan pendidikan dan pengajaran serta menyebarkan ilmu agama Islam. Begitu pula dengan Dayah Darul Mukhlisin yang merupakan dayah pengajian malam bagi anak-anak dan remaja di masyarakat sekitar, sehingga perlu adanya kemampuan yang baik dari pengajar dalam penguasaan kitab dan penerapan metode sehingga santri dapat menerima pembelajaran secara maksimal. Tujuan penelitian ini ialah melihat materi pengajian melalui kitab fiqh yang dipelajari santri, melihat metode yang digunakan pengajar serta kendala yang dihadapi santri dan pengajar kelas 3 dalam pengajian fiqh di dayah tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif. Data tersebut dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa materi fiqh yang dipelajari santri kelas 3 dari kitab Sabilal Muhtadin, Siyarus Salikin dan Matan Taqrib yaitu pada bab thaharah, macam-macam najis, bab wudhu’, bab tayammum, bab Shalat, bab sebab-sebab hadats, bab mandi wajib, bab haidh, istihadhah dan nifas, bab puasa dan bab zakat. Penerapan metode pada kelas 3 ini sudah baik dengan variasi metode seperti metode ceramah, diskusi, tanya jawab dan demontrasi. Namun ada beberapa kendala yang terdapat pada pengajian Fiqh kelas 3 ini yaitu kendala dari segi keterbatasan kitab yang dipelajari santri, bahasa di kitab yang terkadang sukar dipahami sehingga membutuhkan pemahaman lebih dalam, kendala berikutnya pada ketidak hadiran teungku begitu pula santri sehingga proses belajar mengajar tidak maksimal, kendala pada kondisi cuaca yang kadangkala kurang mendukung sehingga menghambat santri hadir ke dayah serta lalu lalang kendaraan yang mengganggu konsentrasi santri saat proses pengajian berlangsung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
000 Computer Science, Information and System > 001 Knowledge
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur Amalena Lena
Date Deposited: 09 Feb 2021 04:14
Last Modified: 09 Feb 2021 04:14
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15795

Actions (login required)

View Item
View Item