Penerapan Model Active Knowledge Sharing Dan Media Video Pembelajaran Pada Materi Sistem Ekskresi Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Smpn 1 Wih Pesam Bener Meriah

Ismi Rizkiyani, 150207156 (2021) Penerapan Model Active Knowledge Sharing Dan Media Video Pembelajaran Pada Materi Sistem Ekskresi Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Smpn 1 Wih Pesam Bener Meriah. Skripsi thesis, UIN Ar-raniry.

[img]
Preview
Text (Penerapan Model Active Knowledge Sharing Dan Media Video Pembelajaran Pada Materi Sistem Ekskresi Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Smpn 1 Wih Pesam Bener Meriah)
Ismi Rizkiyani, 150207156, FTK, PBL, 082291046295.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB) | Preview

Abstract

Rendahnya hasil belajar salah satunya dipengaruhi oleh kurangnya partisipasi siswa dalam proses pembelajaran, hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kurangnya penggunaan model pembelajaran dan media pembelajaran. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan materi pelajaran yaitu model pembelajaran active knowledge sharing dan media video pembelajaran. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran active knowledge sharing dan media video pembelajaran pada materi sistem ekskresi. Penelitian ini menggunakan metode pre exsperimen dengan rancangan one group pre-test post-test. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Wih Pesam Bener Meriah, sedangkan sampel penelitian adalah kelas VIII-3 berjumlah 11 siswa. Pemilihan sampel dilakukan secara purposive sampling. Teknik penggumpulan data aktivitas belajar siswa menggunakan lembar observasi, hasil belajar siswa menggunakan tes dan respon siswa menggunakan angket. Analisis data aktivitas belajar siswa, dan respon dilakukan dengan rumus persentase dan analisis hasil belajar siswa dilakukan dengan menggunakan rumus N-gain dan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan Rata-rata aktivitas belajar siswa dengan kategori sangat aktif dan rata-rata hasil belajar siswa pada materi sistem ekskresi di SMPN 1 Wih Pesam Bener Meriah dengan perolehan nilai pre test 36,8 dan post test 76,3. Hasil uji t di peroleh thitung > ttabel ( 10,2 > 2,228) dan respon siswa terhadap pembelajaran yaitu 79% dengan kategori tinggi. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan penggunaan model active knowledge sharing dan media video pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa di kelas VIII SMPN 1 Wih Pesam Bener Meriah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Ismi Rizkiyani Ismi
Date Deposited: 09 Feb 2021 06:46
Last Modified: 09 Feb 2021 06:46
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15808

Actions (login required)

View Item View Item
TOP