Analisis Mekanisme Pengupahan Pekerja Industri Batu Bata Ditinjau dari Konsep Ujrah (Studi di Gampong Data Gaseu,

Liza Zulaini, 160602100 (2020) Analisis Mekanisme Pengupahan Pekerja Industri Batu Bata Ditinjau dari Konsep Ujrah (Studi di Gampong Data Gaseu,. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Analisis Mekanisme Pengupahan Pekerja Industri Batu Bata Ditinjau dari Konsep Ujrah (Studi di Gampong Data Gaseu,]
Preview
Text (Analisis Mekanisme Pengupahan Pekerja Industri Batu Bata Ditinjau dari Konsep Ujrah (Studi di Gampong Data Gaseu,)
Liza Zulaini, 160602100, FEBI, ES, 085243008304.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan di pabrik batu bata Gampong Data Gaseu KecamatanSeulimum, Kabupaten Aceh Besar.Penelitian ini bertujuan untuk melihat “Mekanisme Pengupahan Pekerja Industri Batu Bata Ditinjau dari Konsep Ujrah (Studi di Gampong Data Gaseu, Kabupaten Aceh Besar)”. Adapun jenis penelitian dalam penelitian ini menggunakan penelitian studi lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah angket, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah (1) Pengupahan pekerja (ujrah) yang diterapkan pada industri batu bata di Gampong Data Gaseu Kabupaten Aceh Besar menggunakan sistem upah borongan dengan memberikan upah berdasarkan hasil produksi jumlah batu bata yang dihasilkan. (2) Menurut pandangan Ekonomi Islam tentang mekanisme Ujrah yang diterapkan pada industri batu bata di Gampong Data Gaseu Kabupaten Aceh Besar sudah sesuai dengan prinsip-prinsip dalam konsep Ekonomi Islam dengan memperhatikan keadilan dan kelayakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Yusniar, S.E., MM Pembimbing II : Seri Murni, SE., M.Si., Ak
Uncontrolled Keywords: Pekerja, Ujrah, Ekonomi Islam
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.3 Ekonomi > 2X6.311 Upah
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330.1 Angkatan Kerja dan Pasar Tenaga Kerja
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Liza Zulaini
Date Deposited: 09 Feb 2021 04:30
Last Modified: 09 Feb 2021 04:30
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15811

Actions (login required)

View Item
View Item