Analisis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Dan Media Peta Konsep Pada Materi Sistem Pernapasan Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Smpn 1 Kaway Xvi Aceh Barat

Munawarah, 150207152 (2021) Analisis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Dan Media Peta Konsep Pada Materi Sistem Pernapasan Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Smpn 1 Kaway Xvi Aceh Barat. Skripsi thesis, UIN Ar-raniry.

[img]
Preview
Text (Analisis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Dan Media Peta Konsep Pada Materi Sistem Pernapasan Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Smpn 1 Kaway Xvi Aceh Barat)
Munawarah, 150207152, FTK, PBL, 085373055323..pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 1 Kaway XVI Aceh Barat dikarenakan penggunaan model pembelajaran masih dilakukan secara konvensional dan belum mengunakan media pembelajaran yang bervariasi sehingga membuat suasana kelas menjadi tidak aktif. Penelitian ini betujuan untuk menganalisis hasil belajar siswa dan menjabarkan respon siswa pada materi sistem pernapasan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dan media peta konsep di kelas VIII SMPN 1 Kaway XVI Aceh Barat. Rancangan penelitian ini menggunakan pre-experimet dengan desain One-Group Pretest and Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Kaway XVI Aceh Barat yang berjumlah 22 siswa. Pengambilan sampel dilakukan secara total sampling, dimana kelas VIII dijadikan sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa lembar tes dan lembar angket. Analisis data untuk menghitung hasil belajar siswa menggunakan rumus N-gain dan uji-t, sedangkan analisis data respon siswa menggunakan rumus indeks persentase. Hasil analisis data menunjukan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata pre-test 33,63, nilai rata-rata post-test 78,18 dengan rata-rata selisih 44,54. Berdasarkan ujit-t pada taraf signifikan 0,05 dengan db 21 maka diperoleh thitung = 22,59 dan ttabel = 2.060. Hasil perhitungan tersebut menunjukkan bahwa thitung >ttabel sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil analisis respon siswa tergolong kategori sangat tertarik dengan nilai rata-rata 80,6. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran make a match dan media peta konsep pada materi sistem pernapasan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Munawarah Muna
Date Deposited: 09 Feb 2021 06:45
Last Modified: 09 Feb 2021 06:45
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15813

Actions (login required)

View Item View Item
TOP