Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga Pada Materi Sistem Gerak Manusia Di Mtsn 4 Aceh Barat

Putri Ghea Inka, 150207088 (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga Pada Materi Sistem Gerak Manusia Di Mtsn 4 Aceh Barat. Skripsi thesis, UIN Ar-raniry.

[thumbnail of Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga Pada Materi Sistem Gerak Manusia Di Mtsn 4 Aceh Barat]
Preview
Text (Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga Pada Materi Sistem Gerak Manusia Di Mtsn 4 Aceh Barat)
Putri Ghea Inka, 150207088, FTK, PBL, 081268441202.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penggunaan media dalam poses pembelajaran merupakan salah satu upayauntuk menciptakan pembelajaran yang lebih bermakna. Pengembangan media pembelajaran untuk peserta didik dalam pembelajaran IPA di MTsN 4 Aceh Barat masih kurang sehingga berdampak pada keaktifan peserta didik pada Materi Sistem Gerak Manusia. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan desain media pembelajaran ular tangga, menguji kelayakan dan menjabarkan respon guru terhadap media pembelajaran ular tangga pada materi sistem gerak manusia di MTsN 4 Aceh Barat. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode R&D dengan model pengembangan ADDIE yaitu melalui tahap Analisys (analisis), tahap Design (desain), tahap Development (pengembangan), tahap Implementation (implementasi), dan tahap Evaluation (evaluasi). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan uji kelayakan validator ahli media dan validator ahli materi, serta penyebaran angket respon guru. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan lembar validasi ahli media, lembar validasi ahli materi dan lembar angket respon guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran ular tangga yang telah dikembangkan, berdasarkan penilaian dari dua dosen ahli media diperoleh rata-rata yaitu 90% dalam kategori sangat layak, penilaian dari dua dosen ahli materi diperoleh rata-rata yaitu 89% dalam kategori sangat layak dan hasil respon guru diperoleh total persentase yaitu 90% dalam kategori sangat baik. Jadi dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran ular tangga pada materi sistem gerak manusia sangat layak digunakan sebagai salah satu media pembelajaran peserta didik di kelas VIII SMP/MTs.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Putri Ghea inka Ghea
Date Deposited: 09 Feb 2021 06:57
Last Modified: 09 Feb 2021 06:57
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15828

Actions (login required)

View Item
View Item