Maulid Nabi Dalam Perspektif Ahlulsunnah Waljama’ah Dan Wahabi

Teuku Hafiz Ikram Priatama, 150301061 (2020) Maulid Nabi Dalam Perspektif Ahlulsunnah Waljama’ah Dan Wahabi. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Maulid Nabi Dalam Perspektif Ahlulsunnah Waljama’ah Dan Wahabi]
Preview
Text (Maulid Nabi Dalam Perspektif Ahlulsunnah Waljama’ah Dan Wahabi)
Teuku Hafiz Ikram Priatama,150301045, FUF, AFI, 082247444714.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tentang Peringatan Maulid Nabi SAW muncul dua pendapat berbeda dari dua aliran dalam Islam,yaitu Ahlulsunnah waljama’ah dan Wahabi.
Tujuan penelitian ini menjawab empat pokok permasalahan, yakni:(1)untuk mengetahui Maulid Nabi dalam perspektif teologi.(2)untuk mengetahui bagaimana Maulid Nabi dalam perspektif Ahlusunnah Waljamaah.(3)untuk mengetahui bagaimana Maulid Nabi dalam perspektif Wahabi.(4) untuk mengetahui respon ahlul sunnah waljamaah tentang haram maulid perspektif Wahabi.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif,didasarkan pada aturan yang dirumuskan sistematis,berkaitan erat dengan masalah perbedaan pendapat tentang peringatan Maulid Nabi.dengan pendekatan secara deskriptif dalam bentuk kata-kata dan bahasa. Pendekatan yang digunakan bersifat deskriptif analitis.
Hasil penelitian menunjukkan Maulid Nabi perspektif Ahlulsunnah,merayakan hari lahirnya nabi dengan harapan mendapatkan syafaat hari kiamat kelak.perspektif Wahabi maulid itu bid’ah,sesuatu yang bid’ah adalah haram.Ahlulsunnah menyuruh merayakan maulid karena itu strategi untuk mengumpulkan umat Islam dengan menceritakan sejarah nabi muhammad agar membangkitkan kembali Iman umat Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Aqidah
Depositing User: Teuku Hafiz Ikram Priatama 150301061
Date Deposited: 09 Feb 2021 05:39
Last Modified: 09 Feb 2021 05:39
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15832

Actions (login required)

View Item
View Item