Karakteristik Serangga Hama Pada Tanaman Kopi Arabika (Coffea arabica) di Kecamatan Bies Kabupaten Aceh Tengah Sebagai Referensi Mata Kuliah Entomologi

Karmila, 160207118 (2021) Karakteristik Serangga Hama Pada Tanaman Kopi Arabika (Coffea arabica) di Kecamatan Bies Kabupaten Aceh Tengah Sebagai Referensi Mata Kuliah Entomologi. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas tentang Karakteristik Serangga Hama pada Tanaman Kopi)
Karmila, 160207118, FTK, PBL, 082238602671.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Peranan serangga merupakan salah satu sub materi yang penting di kaji pada mata kuliah Entomologi khususnya peranan serangga sebagai hama, namun selama ini pembelajaran tentang serangga hama masih kurang dikarenakan kurangnya referensi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik serangga hama pada tanaman kopi arabika (Coffea arabica) di Kecamatan Bies Kabupaten Aceh Tengah serta menyediakan booklet serangga hama tanaman kopi sebagai referensi mata kuliah Entomologi. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu Survey eksploratif dengan metode pengambilan sampel secara purposive sampling dan teknik pengambilan sampel dengan direct sweeping dan hand sorting. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh jenis serangga hama yamg terdapat pada tanaman kopi (Coffea arabica) di Kecamatan Bies Kabupaten Aceh Tengah. Sampel dalam penelitian ini yaitu serangga hama yang terlihat pada daun, batang, cabang, ranting dan buah tanaman kopi (Coffea arabica). Pengambilan sampel serangga dilakukan pada pagi dan sore hari. Pagi mulai pukul 07.00-09.00 WIB dan sore pukul 16.00-18.00 WIB. Hasil penelitian Didapatkan 4 spesies serangga hama yang terdiri dari 2 ordo yaitu Hypothenemus hampei, Xylosandrus compactus, Planococcus citri, Coccus viridis. Hasil uji kelayakan media terhadap booklet serangga hama tanaman kopi memperoleh persentase 83 % dengan kategori sangat layak dan hasil uji kelayakan materi memperoleh nilai 74% dengan kategori layak. Hasil respon terhadap booklet serangga hama tanaman kopi diperoleh persentase 87,8% dengan kategori sangat disukai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Nafisah Hanim, M.Pd 2. Khairun Nisa, S.Si, M.Bio
Uncontrolled Keywords: Serangga Hama, Tanaman kopi (Coffea arabica), Entomologi
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Karmila Mila
Date Deposited: 10 Feb 2021 04:52
Last Modified: 10 Feb 2021 04:52
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15835

Actions (login required)

View Item View Item
TOP