Kompetensi Sosial Alumni PAI di Kecamatan Kluet Utara Aceh Selatan

Linda Maulida, 150201175 (2020) Kompetensi Sosial Alumni PAI di Kecamatan Kluet Utara Aceh Selatan. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Kompetensi Sosial Alumni PAI di Kecamatan Kluet Utara Aceh Selatan)
Linda Maulida, 150201175, FTK, PAI, 082361878654.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Alumni Pendidikan Agama Islam (PAI) kurang memiliki kompetensi sosial, hanya sebagian kecil dari alumni Pendidikan Agama Islam (PAI) yang memiliki kompetensi sosial yang menunjukkan pada kegiatan praktik di desa. Selebihnya mereka sibuk dengan kegiatan mereka masing-masing, atau sama sekali tidak ikut berpartisipasi dalam kegiatan sosial keagamaan praktik di desa. Adapun fokus penelitian ini adalah : Bagaimanakah bentuk-bentuk kompetensi sosial yang dimiliki oleh Alumni Pendidikan Agama Islam (PAI) di kecamatan Kluet Utara Aceh Selatan, Bagaimanakah upaya Alumni Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam mengembangkan kompetensi sosial di Kecamatan Kluet Utara Aceh Selatan, Kendala apa saja yang dialami Alumni Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam mengembangkan kompetensi sosial di Kecamatan Kluet Utara Aceh Selatan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Terkait dengan penelitian ini yang dijadikan sumber data sekaligus informasi adalah Alumni Pendidikan Agama Islam (PAI) tahun 2009 ke atas, alasan tersebut berdasarkan pentingnya bahwa alumni tersebut telah berkecimpung dalam masyarakat selama 19 tahun. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi, kemudian dianalisis dan selanjutnya ditampilkan dalam bentuk deskripsi. Hasil penelitian ditemukan bahwa bentuk-bentuk kompetensi sosial yang dimiliki oleh alumni Pendidikan Agama Islam (PAI) di Kecamatan Kluet Utara Aceh Selatan adalah pengajian agama islam, dalail khairat, tahfidz Qur’an, bimbel agama dan Organisasi wanita. Upaya dalam mengembangkan kompetensi sosial di Kecamatan Kluet Utara Aceh Selatan adalah memberikan contoh yang baik kepada masyarakat, melalui kerja sama dan silaturrahmi antar masyarakat dan alumni. Kendala yang dialami alumni Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam mengembangkan kompetensi sosial adalah tidak tersedianya waktu karena kesibukan sendiri serta kendala eksternal nya adalah keterbatasan fasilitas yang belum memadai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Hj, Nurjannah Ismail M.Ag Pembimbing II : Nurbayani, S.Ag. M.Ag
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Sosial, Alumni PAI
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.1 Masyarakat Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial > 302.5 Hubungan individu dengan masyarakat
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Linda Maulida
Date Deposited: 09 Feb 2021 09:09
Last Modified: 09 Feb 2021 09:09
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15836

Actions (login required)

View Item View Item
TOP