Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas Viii MTsN 3 Aceh Barat Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia

Puspa Shafira, 150207118 (2021) Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas Viii MTsN 3 Aceh Barat Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia. Skripsi thesis, UIN Ar-raniry.

[img]
Preview
Text (Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas Viii Mtsn 3 Aceh Barat Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia)
Puspa Shafira, 150207118, FTK, PBL, 082277620325_unlocked.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (17MB) | Preview

Abstract

Rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa dikarenakan model pembelajaran yang digunakan guru masih konvensional dan kurang menarik sehingga siswa tidak menemukan sendiri pengetahuannya. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran yang terdapat dalam kurikulum 2013 seperti Discovery Learning. Penelitian ini betujuan untuk mengukur peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII MTsN 3 Aceh Barat selama proses belajar dengan model pembelajaran Discovery Learning pada materi sistem pernapasan manusia dan mendeskripsikan respon siswa kelas VIII A terhadap model pembelajaran Discovery Learning pada materi sistem pernapasan manusia di MTsN 3 Aceh Barat. Rancangan penelitian ini menggunakan metode Pre Eksperimental dengan desain One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VIII MTsN 3 Aceh Barat, sedangkan sampelnya adalah siswa kelas VIII A yang diperoleh dengan teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data berupa lembar tes untuk peningkatan kemampuan berpikir kritis dan lembar angket untuk respon siswa terhadap model pembelajaran Discovery Learning pada materi sistem pernapasan manusia. Analisis data kemampuan bepikir kritis menggunakan rumus N-gain dan statistik uji-t, sedangkan analisis data respon siswa menggunakan rumus indeks persentase. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan berpikir kritis sebesar 0,47 dengan kategori sedang, dan hasil analisis data respon siswa terhadap model pembelajaran Discovery Learning menunjukkan respon yang positif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Puspa Shafira Puspa
Date Deposited: 10 Feb 2021 03:05
Last Modified: 10 Feb 2021 03:05
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15841

Actions (login required)

View Item View Item
TOP