Inventarisasi Tumbuhan Spermatophyta Di Lingkungan Sekolah Sman 1 Peukan Bada Aceh Besar Sebagai Media Pembelajaran Biologi

Fitria Lizayani, 150207151 (2021) Inventarisasi Tumbuhan Spermatophyta Di Lingkungan Sekolah Sman 1 Peukan Bada Aceh Besar Sebagai Media Pembelajaran Biologi. Skripsi thesis, UIN Ar-raniry.

[img]
Preview
Text (Inventarisasi Tumbuhan Spermatophyta Di Lingkungan Sekolah Sman 1 Peukan Bada Aceh Besar Sebagai Media Pembelajaran Biologi)
Fitria Lizayani, 150207151, FTK, PBL, 082370337664.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (24MB) | Preview

Abstract

Keterbatasan media pembelajaran untuk mempelajari materi Plantae, khususnya pada submateri Spermatophyta, diperkuat dengan kendala siswa yang hanya mendengar serta mencatat penjelasan guru sehingga proses pembelajaran tidak dapat berlangsung secara maksimal sebagaimana yang diharapkan, maka diperlukan adanya penelitian yang menghasilkan media pembelajaran yang mampu menarik perhatian siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis tumbuhan Spermatophyta di lingkungan sekolah SMAN 1 Peukan Bada, kelayakan media pembelajaran yang dihasilkan dari penelitian inventarisasi tumbuhan Spermatophyta di lingkungan sekolah SMAN 1 Peukan Bada serta respon siswa terhadap media pembelajaran yang dihasilkan dari penelitian ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei eksploratif dengan mengamati objek, lalu mendata dengan mencatatnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis tumbuhan Spermatophyta yang terdapat di lingkungan sekolah SMAN 1 Peukan Bada sebanyak 55 jenis yang terdiri dari 2 jenis tumbuhan Gymnospermae dan 53 jenis tumbuhan Angiospermae yang tergolong ke dalam 31 familia. Uji kelayakan Output penelitian ini diperoleh 87% dengan kategori sangat layak. Respon siswa terhadap media pembelajaran scrapbook diperoleh 83,55% dengan kategori positif. Dari hasil perolehan tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran scrapbook dapat bermanfaat bagi siswa SMAN 1 Peukan Bada dalam mencapai tujuan pembelajaran pada submateri Spermatophyta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 580 Plants (Ilmu Tumbuhan, Ilmu Tanaman)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Fitria Lizayani Fitria
Date Deposited: 11 Feb 2021 03:06
Last Modified: 11 Feb 2021 03:06
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15866

Actions (login required)

View Item View Item
TOP