Analisis Isi Pesan Dakwah Dalam Buku Risalah Nur “Tuntunan Generasi Muda” Karya Badiuzzaman Said Nursi

Syariyana Fitri, 140403108 (2020) Analisis Isi Pesan Dakwah Dalam Buku Risalah Nur “Tuntunan Generasi Muda” Karya Badiuzzaman Said Nursi. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Produk asuransi jiwa merupakan produk yang mendominasi pada perusahaan asuransi PT. Takaful Keluarga Cabang Banda Aceh berdasarkan peningkatan nasabah pada setiap tahunnya, akan tetapi pada empat tahun terakhir terjadinya penurunan pertambahan jumlah nasa]
Preview
Text (Produk asuransi jiwa merupakan produk yang mendominasi pada perusahaan asuransi PT. Takaful Keluarga Cabang Banda Aceh berdasarkan peningkatan nasabah pada setiap tahunnya, akan tetapi pada empat tahun terakhir terjadinya penurunan pertambahan jumlah nasa)
Syariana Fitri, 140403108, FDK, MD, 082277206696.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “Analisis Isi Pesan Dakwah Dalam Buku Tuntunan Generasi Muda Karya Badiuzzaman Said Nursi”. Said Nursi ialah seseorang yang memiliki perhatian akan kondisi sosial masyarakatnya, menghadirkan perspektif baru dalam upaya memberikan jalan terang berdasarkan al-Quran dan Sunnah Nabi. Sebagai seorang pemikir dan pejuang Turki, ia berusaha mengetengahkan cahaya keimanan sebagai titik tolak untuk menggapai kebahagiaan sejati. Pada saat itu, paham materialisme berada pada puncak kejayaan dan sains modern menjadikan banyak orang melupakan akar kesejarahannya. Sains dan filsafat digunakan bukan untuk kepentingan positif, justru diarahkan pada atheisme. Artinya sains dan filsafat modern Barat saat itu sangat bepengaruh di Turki Utsmani sementara orang Barat kebanyakan masih atheis dan mengarahkan rakyat Turki untuk menjadi atheis. Hal tersebut mendorong Said Nursi untuk menyelamatkan keimanan dari serangan faham ateisme Barat. Menurut beliau, keimanan bukanlah sesuatu yang didasarkan pada taqlid buta. Keimanan, oleh karenanya harus berdasarkan pada penyelidikan dan pengamatan secara terus menerus terhadap ayat-ayat Allah yang ada di alam semesta ini. Bagi beliau, Al-Quran, alam semesta dan manusia adalah tiga jenis manifestasi dari satu kebenaran. Penelitian ini diklasifikasikan sebagai penelitian pustaka (library research) dengan menggunakan penerapan metode kualitatif. Selanjutnya data yang telah dihimpun dianalisis dengan teknik content analysis yaitu suatu teknik menganalisis isi dari pembahasan penelitian yang dikutip dari buku-buku ilmiah berdasarkan buku yang dikumpulkan, dibaca dan dipahami. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis isi pesan dakwah menurut Badiuzzaman Said Nursi menggunakan metode dakwah melalui bilkitabah tulisan dakwah. Hal ini sangat relevan dengan situasi dan kondisi masyarakat Muslim Turki ketika itu lebih memperhatikan pokok-pokok pemikiran seseorang daripada sosoknya, sekalipun sosok itu mungkin saja memiliki kharisma yang kuat. Berkaitan dengan hal ini, Nursi banyak menulis artikel di berbagai media masa dan bahkan berhasil menghasilkan mahakaryanya berjudul Risalah Nur yang kemudian dijadikan sebagai sumber rujukan utama oleh para murid-muridnya. Perempuan dan anak-anak juga berpartisipasi dalam upaya bersama untuk menyebarkan cahaya Alqur’an, ala Risalah Nur meskipun mereka secara praktis menghadapi kesulitan membacanya oleh karena secara pada umumnya tingkat melek huruf di Turki ketika itu relatif sangat kecil. Gerakan dakwah Said Nursi menekankan pentingnya solidaritas dan ukhuwwah di antara anggotannya. Konsep solidaritas atau kohesi kelompok telah digulirkan Ibn Khaldun sebagai salah satu bentuk fundamental dalam membentuk kekuatan sebuah negara atau komunitas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Analisis; Dakwah; Pesan Dakwah, Dan Badiuzzaman Said Nursi.
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah > 2X7.23 Materi Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Manajemen Dakwah
Depositing User: Syariyana Fitri
Date Deposited: 10 Feb 2021 05:09
Last Modified: 10 Feb 2021 05:09
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15869

Actions (login required)

View Item
View Item