Pengaruh Poc Cangkang Telur Terhadap Pertumbuhan Tanaman Sirih Hijau (Piper Betle L.) Sebagai Penunjang Praktikum Mata Kuliah Fisiologi Tumbuhan

Elvika Murliani, 150207160 (2021) Pengaruh Poc Cangkang Telur Terhadap Pertumbuhan Tanaman Sirih Hijau (Piper Betle L.) Sebagai Penunjang Praktikum Mata Kuliah Fisiologi Tumbuhan. Skripsi thesis, UIN Ar-raniry.

[img]
Preview
Text (Pengaruh Poc Cangkang Telur Terhadap Pertumbuhan Tanaman Sirih Hijau (Piper Betle L.) Sebagai Penunjang Praktikum Mata Kuliah Fisiologi Tumbuhan)
Elvika Murliani, 150207160, FTK, PBL, 081375158419.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (14MB) | Preview

Abstract

Cangkang telur merupakan limbah yang banyak dihasilkan oleh para pedagang siap saji dan bahkan rumahan. Cangkang telur selama ini hanya digunakan untuk hiasan atau kerajinan tangan bahkan ada yang tidak memanfaatkannya sama sekali melainkan hanya dibuang di kotak sampah dan menyebabkan bau yang tidak sedap. Padahal cangkang telur mengandung unsur hara yang banyak dibutuhkan tanaman, salah satunya adalah sebagai bahan pembuatan pupuk yang baik bagi pertumbuhan tanaman. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pupuk organik cair cangkang telur terhadap pertumbuhan tanaman sirih hijau (Piper betle L.) dan menjadikan hasil penelitian sebagai penunjang praktikum mata kuliah Fisiologi Tumbuhan. Penelitian dilakukan dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri atas 6 perlakuan dan 4 ulangan dengan total unit percobaan sebanyak 24 satuan. Parameter yang diukur adalah tinggi batang dan jumlah daun tanaman sirih hijau (Piper betle L.). Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan anava dengan taraf signifikan 5% menggunakan SPSS. Versi 20.0 teknik pengumpulan data dengan lembar observasi. Berdasarkan hasil penelitian, konsentrasi POC yang paling berpengaruh dalam meningkatkan pertumbuhan tanaman sirih hijau adalah P3 dan P4. Hasil SPSS menunjukkan bahwa pemberian pupuk organik cair berpengaruh terhadap tinggi tanaman dan jumlah daun tanaman sirih hijau . P4 memberikan pengaruh yang tidak berbeda nyata dengan P3, namun berbeda nyata dengan P0, P1, P2, dan P5 pada parameter tinggi tanaman dan jumlah daun. Hasil dari penelitian dijadikan sebagai penunjang praktikum fisiologi tumbuhan dalam bentuk modul praktikum.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 580 Plants (Ilmu Tumbuhan, Ilmu Tanaman)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Elvika Murliani Vika
Date Deposited: 11 Feb 2021 03:16
Last Modified: 11 Feb 2021 03:16
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15871

Actions (login required)

View Item View Item
TOP