Penerapan Model TTW dan Media Ular Tangga untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa di Kelas XI MAS Darul Hikmah Aceh Besar.

Sarah Annisa, 160207030 (2021) Penerapan Model TTW dan Media Ular Tangga untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa di Kelas XI MAS Darul Hikmah Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Penerapan Model TTW dan Media Ular Tangga untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa di Kelas XI MAS Darul Hikmah Aceh Besar.]
Preview
Text (Penerapan Model TTW dan Media Ular Tangga untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa di Kelas XI MAS Darul Hikmah Aceh Besar.)
Sarah Annisa, 160207030, FTK, PBL, 08223482908.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kurangnya penggunaan media dan model pembelajaran di MAS Darul Hikmah mempengaruhi aktivitas belajar siswa terhadap materi struktur dan fungsi sel, sehingga hasil belajar siswa tergolong rendah. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut melalui penerapan model TTW dan media ular tangga. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui model Think-Talk-Write penggunaan media ular tangga pada materi struktur dan fungsi sel kelas XI MAS Darul Hikmah Aceh Besar. Metode penelitian yang digunakan adalah pre experiment dirancang dengan one group pre-test and post-test design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MAS Darul Hikmah Aceh Besar, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI yang berjumlah 18 orang siswa. Teknik pengambilan sampel secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi untuk mengamati aktivitas siswa dan tes untuk mengetahui hasil belajar siswa. Analisis data aktivitas belajar siswa menggunakan rumus persentase dan analisis data hasil belajar menggunakan rumus N-gain dan statistik uji-t. Hasil analisis data menunjukkan aktivitas belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran TTW dan media ular tangga secara keseluruhan tergolong ke dalam kategori sangat aktif dengan persentase yaitu 76%. Persentase aktivitas belajar siswa pada pertemuan pertama yaitu 70% dengan kategori aktif dan pada pertemuan kedua mengalami peningkatan yaitu 81% dengan kategori sangat aktif. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh hasil belajar siswa mengalami peningkatan N-gain 0,68 kategori sedang dan nilai rata-rata pre-test yaitu 28,88 dan nilai rata-rata post-test yaitu 78,61. Hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai thitung =13,01 dan nilai ttabel =1,740. Sehingga thitung ≥ ttabel, maka H0 ditolak dan terjadi penerimaan Ha. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model TTW dan media ular tangga dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi struktur dan fungsi sel di MAS Darul Hikmah, Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model TTW, Media Ular Tangga, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Materi Struktur dan Fungsi Sel.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Sarah Annisa
Date Deposited: 11 Feb 2021 07:35
Last Modified: 11 Feb 2021 07:35
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15877

Actions (login required)

View Item
View Item