Pengembangan Media Pembelajaran Audiovisual pada Materi Kingdom Animalia Kelas X

Fadhilla Miranda, 150207086 (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Audiovisual pada Materi Kingdom Animalia Kelas X. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Tentang Pengembangan Media Pembelajaran Audiovisual]
Preview
Text (Tentang Pengembangan Media Pembelajaran Audiovisual)
Fadhilla Miranda, 150207086, FTK, PBL, 085226599430.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Kendala yang terjadi di MAN 1 Aceh Barat Daya yaitu kurangnya media untuk diperlihatkan ke siswa pada materi Kingdom Animalia, dan kurangnya sumber daya dalam pemanfaatan fasilitas yang tersedia di MAN 1 Aceh Barat Daya. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Audio Visual, untuk menguji kelayakan media pembelajaran Audio Visual dan respon siswa terhadap media pembelajaran Audio Visual pada materi Kingdom Animalia kelas X di MAN 1 Aceh Barat Daya. Rancangan penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model penelitian 4D. Sumber data pada penelitian ini adalah penguji ahli yaitu ahli media, ahli materi, guru bidang studi Biologi dan siswa kelas X di MAN 1 Aceh Barat Daya. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar validasi ahli media, lembar validasi ahli materi dan angket respon siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan validasi ahli media, validasi ahli materi dan angket. Teknik analisis data menggunakan uji kelayakan dan respon siswa terhadap media pembelajaran Audio Visual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan desain media menghasilkan media pembelajaran Audio Visual, dengan uji kelayakan media mendapatkan hasil 88 dan kelayakan oleh ahli materi diperoleh hasil 88,26. Respon siswa terhadap media pembelajaran Audio Visual mendapatkan hasil 92 dengan kriteria sangat positif. Hal ini dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Audio Visual pada materi Kingdom Animalia sangat layak digunakan sebagai media belajar yang efektif untuk siswa kelas X di MAN 1 Aceh Barat Daya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Media, Media Audio Visual, Kelayakan, Respon Siswa.
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Fadhilla Miranda Nanda
Date Deposited: 11 Feb 2021 02:18
Last Modified: 11 Feb 2021 02:18
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15884

Actions (login required)

View Item
View Item