Spesies Tumbuhan Pakan Rhopalocera diKawasan Pegunungan Mata Ie Kabupaten Aceh Besar Sebagai Referensi Mata Kuliah Entomologi

Zata Amania, 160207129 (2021) Spesies Tumbuhan Pakan Rhopalocera diKawasan Pegunungan Mata Ie Kabupaten Aceh Besar Sebagai Referensi Mata Kuliah Entomologi. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas tentang pakan Rhopalocera)
Zata Amania,160207129, FTK, PBL, 085282643793.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Sumber pakan Rhopalocera menjadi salah satu pembelajaran yang sangat penting untuk dipelajari pada mata kuliah entomologi. Namun, pembelajaran selama ini hanya membahas tentang karakteristik, morfologi serta habitat sehingga kurangnya pengetahuan mahasiswa tentang sumber pakan Rhopalocera. Metode penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu metode jelajah dengan cara menjelahi stasiun pengamatan yang dibatasi dengan garis transek. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh tumbuhan dan Rhopalocera yang terdapat pada kawasan pegunungan Mata Ie Kabupaten Aceh Besar. Sampel dalam penelitian ini yaitu seluruh tumbuhan yang terdapat pada setiap stasiun pengamatan. Hasil penelitian ini yaitu spesies tumbuhan pakan Rhopalocera yang berjumlah 27 spesies dari 17 famili sedangkan spesies Rhopalocera yang terdapat pada stasiun pengamatan yaitu 22 spesies dari 4 famili. Hasil validasi terhadap ouput dengan nilai 63,8% dengan kategori layak direkomendasikan sebagai referensi mata kuliah entomologi. Respon mahasiswa terhadap buku pemebelajaran tumbuhan pakan Rhopalocera di Pegunungan Mata Ie Kabupaten Aceh Besar dengan nilai 69,3% mencapai tujuan sebagai referensi mata kuliah entomologi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Samsul Kamal, M.Pd 2. Mulyadi, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Tumbuhan Pakan, Rhopalocera, Pegunungan Mata Ie Kabupaten Aceh Besar
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat)
Depositing User: Zata amania Zata
Date Deposited: 11 Feb 2021 07:56
Last Modified: 11 Feb 2021 07:56
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15893

Actions (login required)

View Item View Item
TOP