Keterampilan Proses Sains Siswa Melalui Model Experiential Jelajah Alam Sekitar (EJAS) pada Submateri Tingkat Keanekaragaman Hayati untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Mas Darul Ihsan Aceh Besar

Talitha Zakia, 160207031 (2021) Keterampilan Proses Sains Siswa Melalui Model Experiential Jelajah Alam Sekitar (EJAS) pada Submateri Tingkat Keanekaragaman Hayati untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Mas Darul Ihsan Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Keterampilan Proses Sains Siswa Melalui Model Experiential Jelajah Alam Sekitar (Ejas) pada Submateri Tingkat Keanekaragaman Hayati untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Mas Darul Ihsan Aceh Besar)
Talitha Zakia, 160207031, FTK, PBL, 082211300164.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB) | Preview

Abstract

Kegiatan pembelajaran saat ini masih kurang memperhatikan dan mementingkan keterampilan proses sains siswa, padahal keterampilan merupakan salah satu kompetensi dasar siswa yang harus dikembangkan untuk menyukseskan proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar dan mutu pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan jenis penelitian Quasi Experiment dengan desain penelitian Nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini ialah seluruh siswa kelas X di MAS Darul Ihsan Aceh Besar, sedangkan sampel penelitian ini ialah siswa kelas X-C sebagai kelas kontrol dan Siswa Kelas X-E sebagai kelas eksperimen yang masing-masing kelas memiliki 22 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui keterampilan proses sains siswa ialah lembar observasi sedangkan soal test digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa. Hasil data keterampilan proses sains siswa menunjukkan keterampilan proses sains siswa kelas eksperimen yang dibelajarkan melalui model pembelajaran EJAS memiliki persentase rata-rata lebih tinggi yaitu sebesar 83,33% dengan kategori sangat terampil sedangkan siswa kelas kontrol yang dibelajarkan tanpa model pembelajaran EJAS memiliki persentase keterampilan proses sains lebih rendah yaitu 10,81% dengan kategori sangat kurang terampil. Analisis hasil belajar siswa menunjukkan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran EJAS lebih tinggi daripada hasil belajar siswa tanpa menggunakan model pembelajaran EJAS pada submateri Tingkat Keanekaragaman Hayati, dengan hasil Uji-t yaitu thitung > ttabel (4,913> 1,682) sehingga Ha dapat diterima dan H0 ditolak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Muslich Hidayat, S.Si., M.Si 2. Cut Ratna Dewi, S.Pd.I., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Proses Sains, Model Pembelajaran EJAS, Submateri Tingkat Keanekaragaman Hayati
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Talitha Zakia Talitha
Date Deposited: 11 Feb 2021 07:50
Last Modified: 11 Feb 2021 07:50
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15906

Actions (login required)

View Item View Item
TOP